Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Tools Yang Wajib Dikuasai Seorang Freelancer

07 November 2022 14:11 1680 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Sebagai freelancer tentunya dalam mengerjakan sebuah Project atau pekerjaan dari client kita biasanya akan menggunakan beberapa tools sebagai pendukung dalam bekerja.

 

Biasanya seorang freelance memiliki tools nya masing-masing dalam menyelesaikan pekerjaan, namun dalam pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai tools yang memang wajib dikuasai dan selalu dipakai oleh beberapa freelance dari berbagai bidang.

 

Beberapa tools berikut memiliki banyak manfaat terutama bagi kamu para freelancer pemula yang baru terjun dalam dunia freelance, untuk itu tanpa basa-basi lagi mari simak pembahasan lebih lengkapnya dibawah.

 

5 Tools Yang Wajib Dikuasai Seorang Freelancer

Tanpa disadari perkembangan teknologi yang semakin pesat di zaman sekarang juga mempengaruhi dalam hal menyelesaikan pekerjaan, hal itu juga yang dirasakan oleh para pekerja lepas atau freelance. 

 

Mereka biasanya memanfaatkan tools dalam mendukung mereka bekerja serta menyelesaikan projects dari client, berikut adalah beberapa tools nya.

 

Google Workspace

 

 

Tools pertama yang sering digunakan oleh para freelancer dan menjadi salah satu tools yang wajib dikuasai freelancer adalah Google Workspace.

 

Siapa yang tidak tahu Google? Perusahaan raksasa ini tentunya menjadi salah satu perusahaan yang menyediakan beberapa tools atau aplikasi yang akan menunjang kita dalam bekerja serta aktivitas sehari-hari.

 

Dalam Google Workspace sebenarnya ada banyak sekali tools yang bisa dipakai, dan untuk tools yang sering digunakan oleh para freelance adalah Tools seperti Google Drive, Document, Spreadsheet, dan Google Slide.

 

Untuk mengetahui kegunaan dari beberapa tools tadi berikut adalah penjelasan nya.

 

Google Drive

Google drive berfungsi sebagai penyimpan cloud yang akan berguna untuk menyimpan beberapa pekerjaan atau Project yang diberikan kepada client. 

 

Selain itu Google Drive juga akan saat membantu kamu dalam berkolaborasi, karena kita bisa sharing file Project dengan mudah menggunakan tools Google Drive ini.

 

Dengan menggunakan Google Drive pekerjaan yang kita kerjakan akan lebih teratur dan tertata, maka tidak heran tools ini menjadi salah satu tools yang wajib dikuasai oleh para freelancer.

 

Google Document

Tools yang wajib dikuasai oleh Freelancer berikutnya adalah Google Document, tools ini berfungsi untuk mengelola dokumen.

 

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Google dokumen jika dibandingkan dengan tools pengelola dokumen lain, contohnya seperti mudah untuk diedit serta kita bisa berkolaborasi dengan tim karena tools ini berbasis online.

 

Biasanya Google dokumen akan digunakan dalam pekerjaan freelance untuk mendokumentasikan flow atau alur bekerja, tidak hanya itu biasanya client akan mengirimkan brief kepada kita menggunakan Google dokumen.

 

Bahkan jika kamu seorang freelance Content Writer mungkin tools ini sudah menjadi makanan sehari-hari kamu, karena biasanya para content writer dan copywriter selalu memanfaatkan tools ini untuk bekerja dan menyelesaikan projects.

 

Google Spreadsheet

Berikutnya adalah Google spreadsheet, sudah tidak perlu diragukan lagi tools ini merupakan tools yang wajib dikuasai, bahkan tidak hanya freelancer namun para pekerja kantoran juga sudah biasa menggunakan Google spreadsheet dalam bekerja.

 

Sama halnya dengan Excel, Spreadsheet juga merupakan tools untuk administrasi serta pengelolaan data, biasanya dalam bekerja tools ini digunakan untuk pendokumentasian hingga proses analisis.

 

Kita bisa menggunakan beberapa rumus sama halnya dengan Excel untuk menyelesaikan permasalahan, namun kelebihan yang dimiliki oleh Spreadsheet adalah bisa di akses via online dan memungkinkan diakses oleh beberapa device sekaligus.

 

Google Slide 

Tools Google Workspace berikutnya yang wajib dikuasai freelancer adalah Google slide, tools ini berguna untuk melakukan proses presentasi kepada client dari hasil pekerjaan yang sudah kita selesaikan.

 

Google slide bisa di akses via online gratis dan memungkinkan kita untuk berkolaborasi dengan tim dalam membuat sebuah Konten presentasi untuk pekerjaan.

 

Zoom

 

Tools yang wajib dikuasai oleh seorang freelancer berikutnya adalah Zoom, tools ini biasanya sering dipakai saat kita akan melakukan meeting bersama client yang memesan jasa freelance kita.

 

Zoom merupakan salah satu tools video conference yang cukup populer dan banyak digunakan oleh para pekerja, apalagi selama masa pandemi covid-19 kemarin zoom menjadi salah satu alternatif yang sering digunakan oleh banyak orang untuk berdiskusi dan berkoordinasi.

 

Meskipun seperti mudah untuk digunakan, namun kamu harus bisa menguasai betul tools ini. Mulai dari harus mengetahui bagaimana cara membuat room, hingga schedule meeting bersama client.

 

Sebenarnya selain Zoom ada beberapa tools video conference lain yang bisa kamu gunakan untuk meeting bersama dengan client, contohnya seperti Google Meet dan beberapa tools berikut :

 

  • Webex
  • Whereby
  • LifeSize
  • Slack
  • GoToMeeting
  • Microsoft Teams

Kamu tinggal memilih saja tools mana yang mau kamu gunakan saat melakukan meeting dan koordinasi bersama client.

 

Canva

 

Saat ini siapa yang tidak tahu tools Canva? Yup mungkin sebagian besar orang sudah tahu. Seperti yang kita tahu bahwa tools canva ini berguna untuk membuat desain online. Baik itu desain poster, FEED, atau desain lain sesuai dengan kebutuhan.

 

Jika kamu seorang freelancer maka sudah rumus wajib bahwa kamu harus menguasai tools ini, alasannya karena kamu bisa menggunakannya dengan mudah, bahkan dari handphone sekalipun.

 

Tools ini biasanya sering digunakan oleh para graphic designer freelancer untuk membuat desain atau hanya sekedar mencari asset dan inspirasi.

 

Canva ini dibagi menjadi dua macan, ada yang premium dan yang gratis. Jika kamu seorang freelancer profesional mungkin kamu bisa menggunakan canva premium untuk menyelesaikan projects projects besar. Namun jika kamu masih pemula dengan menggunakan canva gratis juga kamu bisa membuat beberapa desain dengan mudah.

 

Perbedaan yang mendasar dari kedua versi ini biasanya dalam hal asset, yang mana jika canva premium asset yang ada di dalamnya akan lengkap. Sebaliknya jika gratis maka ada beberapa asset dan fitur yang tidak bisa kamu akses.

 

Miro

 

Tools berikutnya yang wajib dikuasai freelancer adalah Miro, Miro sendiri adalah sebuah tool virtual whiteboard yang akan memudahkan kamu sebagai freelancer untuk berkolaborasi dalam suatu proyek bersama dengan tim.

 

Tools ini bisa kamu gunakan saat melakukan proses brainstorming dengan tim, kamu bisa menuangkan ide-ide yang dimiliki dan ditulis pada Miro.

 

Miro sering digunakan oleh para freelancer, seperti UI UX Designer freelance untuk melakukan proses design thinking hingga proses dokumen dari aset design yang akan dipakai. 

 

Kamu bisa menggunakan tools ini dengan gratis, oleh karena itu kita bisa memakainya tanpa perlu membayar biaya. 

 

Grammarly

 

Tools terakhir yang wajib dikuasai freelancer adalah Grammarly.

 

Grammarly adalah sebuah pengecek tata bahasa Online untuk pemeriksa ejaan dalam struktur bahasa inggris serta mengoreksi kekeliruan pada saat kamu menulis dalam bahasa Inggris. 

 

Tools ini akan memberikan rekomendasi kata yang benar jika terdapat kata yang salah dalam struktur bahasa inggris. 

 

Grammarly juga bisa kamu diintegrasikan ke dalam aplikasi Microsoft Word pada laptop atau PC kamu sehingga akan lebih mudah digunakan untuk mengecek dokumen yang memiliki penulisan salam dalam bahasa Inggris.

 

Sebagai seorang freelancer yang juga akan mendapatkan seorang client dari luar negeri tentunya kita harus bisa berbahasa serta mengerti seperti apa bahasa Inggris dengan benar, oleh karena itu tools ini merupakan tools yang wajib kamu kuasai. Jika ingin mahir bahasa Inggris kamu juga bisa mengikuti pelatihan bahasa asing di TopEdu.

 

Penutup 

Mungkin hanya itu pembahasan mengenai 5 tools yang wajib dikuasai oleh seorang freelancer, kamu bisa memanfaatkan beberapa tools tadi untuk bisa membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan dan Project dari client.

 

Seperti yang kita tahu bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, oleh karena itu sebagai seorang freelancer kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman tersebut dengan cara terus mengikuti trend dan memanfaatkan teknologi untuk memudahkan kita dalam bekerja.

 

Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan freelance kamu bisa mengunjungi TopKarir, selain ada berbagai lowongan pekerjaan kamu bisa bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar