Pencari Karir Pencari Kandidat

6 Langkah Terbukti Dapetin Networking Client Freelance Dari Luar Negeri

03 November 2022 13:11 1910 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

Bagi seorang freelance client merupakan salah satu hal yang penting agar bisa mendapatkan pekerjaan dan mendapat penghasilan tambahan. 

 

Client sendiri biasanya tidak hanya dapat dari orang Indonesia saja, akan tetapi orang luar negeri sekalipun bisa saja memesan jasa freelance yang kamu tawarkan jika memang diperlukan.

 

Sebagai seorang freelancer kamu harus bisa membangun networking yang luas terutama di kalangan para pencari kerja baik itu dari Indonesia bahkan internasional.

 

Namun apa sobat karir tau bagaimana cara menambah networking client freelance terutama dari luar negeri?  

 

Sebenarnya caranya cukup mudah kamu hanya perlu mengikuti pembahasan kali ini hingga akhir. Jadi simak baik-baik ya!

 

6 Langkah Terbukti Dapetin Networking Client Freelance Dari Luar Negeri

Untuk bisa menambah networking client freelance dari luar negeri ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, Untuk beberapa Langkahnya yaitu :

 

Kuasai Bahasa Asing

Langkah yang pertama untuk menambah networking client freelance dari luar negeri adalah dengan terlebih dahulu menguasai bahasa asing.

 

Setelah menguasai bahasa asing, berikutnya kamu bisa membuat CV atau resume dalam bahasa asing tersebut. Kamu bisa menyesuaikannya dengan target client jasa freelance yang sedang kamu tekuni.

 

Untuk bisa mendapatkan client dari luar negeri minimal kamu harus menguasai satu bahasa asing yaitu bahasa Inggris, karena biasanya client luar negeri dari berbagai negara akan menggunakan bahasa Inggris ini untuk berkomunikasi.

 

Lalu bagaimana cara menguasai bahasa Inggris agar bisa mendapat client luar negeri? Tentunya ada berbagai cara mulai dari mengikuti pelatihan, jadi nggak belajar otodidak menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris.

 

Bangun Portofolio

Berikutnya adalah kamu bisa membangun portofolio terlebih dahulu, agar para client dari luar negeri bisa mengetahui jasa freelance yang kamu tawarkan. Maka cara yang paling efektif adalah dengan membangun portofolio.

 

Contohnya, kamu bisa membangun portofolio menggunakan website agar bisa diakses oleh setiap orang baik itu di Indonesia atau di luar negeri sekalipun. Pada website tersebut kamu bisa memasukkan Apa saja hal yang pernah kamu kerjakan mulai dari Project hingga pengalaman kerja.

 

Selain itu manfaat membangun portofolio juga adalah menjadi salah satu cara membedakan antara jasa freelance kamu dan jasa freelance orang lain, oleh karena itu kamu bisa mencantumkan berbagai kelebihan yang kamu miliki dan bisa dirasakan oleh client .

 

Misalnya dalam mengerjakan Project kamu membutuhkan waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan freelancer lain, memberikan update secara berkala kepada client , hingga menjelaskan mengenai alur dalam pengerjaan project dari awal hingga sampai ke tangan client.

 

Tentunya hal tersebut akan menjadi nilai tambah untuk jasa freelance kamu bukan?

 

Bangun Personal Branding

Langkah berikutnya adalah dengan cara membangun personal branding, kamu bisa mengenalkan jasa freelance yang kamu tawarkan dengan cara meningkat terlebih dahulu personal branding jadi kamu.

 

Kita bisa membangun personal branding melalui media digital atau sosial media, contohnya menggunakan LinkedIn kemudian kamu bisa melengkapi profil selengkap mungkin dan menjalin koneksi dengan beberapa orang luar negeri.

 

Selain itu kamu juga bisa membangun personal branding melalui media lain contohnya seperti menggunakan Medium, dan menuliskan mengenai jasa freelance yang kamu miliki serta menceritakan kelebihan yang membedakan jasa kamu dengan jasa freelancer yang lain.

 

Jika kamu memiliki personal branding baik maka untuk bisa mendapatkan networking client dari luar negeri tentunya akan cukup mudah, bahkan tanpa harus memposting jasa freelance pun orang luar biasanya akan mengetahui jasa freelance yang kamu miliki.

 

Daftar Pada Platform Freelancer Luar Negeri 

Selanjutnya adalah dengan mendaftar pada beberapa platform freelance yang memiliki client luar negeri, untuk bisa menambah networking terutama dari luar kamu bisa mendaftarkan jasa freelance yang kamu miliki ada beberapa platform ataupun website yang memiliki banyak pengguna dari luar negeri.

 

Seperti yang kita ketahui saat ini sudah banyak sekali platform freelance yang bisa kamu gunakan untuk menambah networking client freelance dari luar negeri, salah satunya adalah.

 

  • Fiverr.com
  • 99designs.com
  • Fastwork.id
  • Freelancer.co.id
  • Dan lainnya.

 

Mau tau apa saja platform freelance lain untuk bisa menambah networking client dari luar negeri? Yuk intip disini.

 

Banyak Mengikuti Forum & Grup Freelance

Langkah berikutnya adalah dengan mengikuti banyak forum dan masuk pada grup freelance, cara ini merupakan salah satu cara agar kita bisa membangun networking dan mendapatkan client dari luar negeri.

 

Pada beberapa sosial media contohnya seperti Facebook, LinkedIn, atau bahkan Telegram. tentunya ada forum dan grup yang menyediakan khusus mengenai pembahasan freelance.

 

Jadi kamu bisa masuk pada grup tersebut karena biasanya di dalamnya akan ada berbagai pembahasan mengenai freelance, serta banyak orang dari luar yang biasanya mencari jasa freelance pada forum atau grup tersebut.

 

Transparansi Dalam Mengerjakan Project

Langkah terakhir untuk bisa mendapatkan networking client freelance dari luar negeri adalah transparansi dalam mengerjakan sebuah Project.

 

Saat kamu mendapatkan sebuah project dari client di luar negeri, maka saat mengerjakan projects usahakan kamu harus terus meng-update perkembangan dari project yang kamu kerjakan sudah sampai mana.

 

Biasanya client dari luar negeri akan menyukai sikap dari freelancer yang transparansi akan proses pengerjaan project mereka, tidak hanya itu dengan transparansi juga client dari luar negeri akan lebih mempercayai kamu dan bahkan bisa saja memberikan lebih banyak project untuk kedepannya.

 

Penutup

Nah, itu tadi pembahasan mengenai 6 Langkah Terbukti Dapetin Networking Client Freelance Dari Luar Negeri.

 

Untuk bisa mendapatkan mendapatkan pekerjaan dan Project, tentunya para freelancer harus bisa membangun networking baik itu dengan orang Indonesia atau bahkan orang luar negeri sekalipun.

 

Karena saat kamu sudah mendapatkan banyak networking client dari luar negeri, tentunya pendapatan yang akan kita dapat saat menjadi seorang freelancer juga akan meningkat.

 

Bagi kamu yang tertarik menjadi seorang freelance kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan freelance melalui TopKarir. Dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar