Pencari Karir Pencari Kandidat

Alasan Penghasilan Freelance Lebih Besar Dibandingkan Pekerjaan Kantoran

09 November 2022 10:11 1633 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

Sebagian orang mungkin menganggap pekerjaan freelance merupakan pekerjaan yang tidak menjanjikan, namun yang tidak disadari ternyata bekerja freelance bisa mendapatkan income yang bahkan lebih besar dibandingkan dengan pekerja kantoran.

 

Freelance sendiri adalah pekerjaan yang bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja sesuai dengan keinginan freelancer itu sendiri, Asalkan projects selesai biasanya tidak akan ada masalah.

 

Seorang freelancer biasanya akan mendapatkan stigma negatif dari masyarakat mulai dari dituduh sebagai pengangguran hingga pesugihan karena mereka bisa mendapatkan uang dari rumah.

 

Namun sebenarnya ada beberapa alasan kenapa pendapatan para freelancer bisa lebih besar dibandingkan pekerja kantoran, untuk beberapa alasannya yaitu sebagai berikut.

 

Bisa Mengerjakan Banyak Projects

Alasan pertama kenapa para freelancer bisa mendapatkan penghasilan lebih besar dibandingkan para pekerja kantoran setiap bulannya adalah karena para freelancer bisa mengerjakan beberapa projects dalam satu waktu.

 

Bisa kita bayangkan jika freelance mengerjakan satu projects dengan budget 2 juta, dan dalam satu minggu ada 4 project saja mereka bisa mengantongi pendapat hingga Rp.16 juta setiap bulannya.

 

Pendapatan tersebut tentunya sangat besar jika kita bandingkan dengan gaji dari pekerja kantoran yang notabene Mendapatkan gaji rata-rata tiap bulannya hanya sebagai UMR dari daerah tempat mereka bekerja.

 

Namun, untuk bisa mengerjakan beberapa projects dalam satu waktu kamu sebagai freelancer juga harus bisa bertanggung jawab akan pekerjaan yang sedang dikerjakan dan harus bisa memanage waktu. Agar semua pekerjaan bisa selesai dengan baik.

 

Bisa Mengatur Sendiri Harga Jasa

Berikutnya adalah karena pra freelancer bisa mengatur sendiri harga dari jasa yang mereka tawarkan, alasan pendapatan freelance bisa lebih besar dari pekerjaan kantoran adalah karena alasan ini yang mana dalam menawarkan jasanya para freelance bisa Mengatur harga nya sesuai dengan tingkat kesulitan projects yang dikerjakan.

 

Tidak hanya itu para freelancer yang menjadi spesialis dalam bidang tertentu bisa mematok harga yang lebih karena mereka sudah berpengalaman dan bisa memberikan jaminan pekerjaan yang baik bagi client yang memesan.

 

Contohnya kamu bisa mematok harga untuk jasa freelance logo design sebesar Rp. 3 juta dalam 1 logo, dan untuk freelance website developer mematok harga jasa Paling kecil Rp. 5 juta dalam 1 kali projects, tentunya dalam satu kali projects saja kita bisa menutup penghasilan dari para pekerja kantoran.

 

Dalam menentukan harga jasa kamu juga sebagai freelancer harus bijak, jangan sampai menaikkan dan mematok harga jasa tidak sesuai nalar. Karena biasanya dalam penentuan harga jasa freelance harus dibarengi dengan data riset sesuai dengan harga jasa yang serupa.

 

Mendapat Client Dari Luar Negeri

Alasan Penghasilan Freelance lebih besar dari pekerja kantoran berikutnya adalah para freelance bisa mendapatkan pekerjaan atau Project tidak terbatas dari orang dalam negeri saja, karena freelancer juga bisa mendapatkan client dari luar negeri yang biasanya akan mematok harga jasa lebih besar.

 

Karena perbedaan kurs mata uang kita dengan luar negeri biasanya hal ini juga akan berpengaruh dalam pendapatan, karena kita akan dibayar dalam bentuk dollar yang memiliki nilai kurs lebih besar dari pada rupiah.

 

Selain itu, client dari luar negeri juga biasanya memberikan tip dan tidak pelit akan uang asalkan projects mereka selesai dengan baik dan tepat waktu.

 

Bebas Memilih Pekerjaan

Selanjutnya adalah karena para freelancer bebas memilih pekerjaan atau Project apa yang akan dikerjakan, biasanya untuk mendapatkan pendapatan yang besar setiap bulannya para freelance profesional akan lebih selektif dalam memilih projects mana yang akan dikerjakan.

 

Jika ada projects yang hanya memberikan penawaran harga yang murah sedangkan waktu yang dipakai akan cukup lama dan memakan waktu biasanya freelancer akan lebih memilih menolak pekerjaan tersebut dan memilih mencari client lain.

 

Selain itu, freelancer juga bisa memilih dengan bebas bidang freelancer mana yang memberi pembayaran yang besar dalam satu kali pekerjaan, contohnya seperti beberapa bidang pekerjaan berikut:

 

  • Programmer
  • Data Science
  • Engineers
  • Editor
  • Designers

Biasanya beberapa bidang di atas akan memberikan bayaran yang besar dalam satu kali projects nya, bisa sampai Rp. 1 juta - Rp. 20 juta dalam satu kali projects tergantung client.

 

Tidak Ada Potongan Dari Perusahaan

Alasan pendapatan freelance lebih besar dibandingkan pekerja kantoran berikutnya adalah karena penghasilan freelance tidak memiliki potongan apapun.

 

Hal ini tentunya akan sedikit berbeda dengan pekerja kantoran yang gaji tiap bulannya akan dipotong oleh beberapa hal contohnya seperti BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan.

 

Bisa kamu bayangkan, para pekerja kantoran yang memiliki gaji tiap bulannya hanya UMR kemudian dipotong oleh biaya tersebut tentunya gaji bersihnya akan sangat lah kecil jiks dibandingkan dengan seorang freelance yang tidak memiliki kewajiban tersebut.

 

Pengeluaran Lebih Kecil

Alasan terakhir kenapa penghasilan freelancer lebih besar dari pada pekerja kantoran adalah karena para freelancer memiliki pengeluaran yang kecil, freelance mungkin hanya memiliki pengeluaran untuk biaya makan saja setiap harinya.

 

Berbeda dengan para pekerja kantoran yang memiliki banyak sekali pengeluaran, contohnya untuk pengeluaran berikut ini.

 

  • Biaya Transportasi
  • Biaya makan sehari-hari
  • Biaya tempat tinggal jika mentau
  • Biaya listrik
  • Biaya kuota atau paket data
  • Dan masih banyak lagi.

Maka tidak heran dengan banyaknya pengeluaran tersebut para pekerja kantoran Mendapatkan gaji bersih dari bekerja mereka setiap bulannya sangatlah kecil jika dibandingkan dengan pars freelancer profesional.

 

Penutup 

Nah itu tadi pembahasan mengenai Alasan Penghasilan Freelance Lebih Besar Dibandingkan Pekerjaan Kantoran, dalam bekerja di bidang apapun tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya jadi kita harus bisa memilih mana yang lebih baik dan memiliki prospek bagus untuk masa depan.

 

Bagi kamu yang tertarik ingin bekerja sebagai seorang freelance, kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan kerja freelance melalui TopKarir.

 

Dapatkan juga informasi menarik seputar freelance dan pengembangan karir lainnya hanya di TipsKarir.

Komentar