Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Pekerjaan Freelance Paling Mudah Bisa Dikerjakan Pake HP

03 November 2022 13:11 5146 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

 

Pekerjaan freelance menjadi salah satu pekerjaan yang bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja, bahkan dengan bermodalkan handphone kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari bekerja freelance.

 

Mungkin sobat karir belum mengetahui, ternyata saat ini ada banyak peluang pekerjaan yang bisa dikerjakan dengan mudah menggunakan handphone dari rumah.

 

Namun jangan khawatir, karena kami akan memberikan beberapa rekomendasi pekerjaan freelance yang mudah dan bisa dikerjakan hanya bermodalkan HP saja.

 

Penasaran apa saja pekerjaannya? Mari simak pembahasan kali ini hingga akhir.

 

5 Pekerjaan Freelance Paling Mudah, Bisa Dikerjakan Pakai HP!

Di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang ini peluang mendapatkan pekerjaan juga sangat terbuka lebar, terutama bagi kalian yang melek akan perkembangan teknologi.

 

Dengan banyaknya peluang pekerjaan freelance ini tentunya akan memberikan kesempatan baru bagi kamu yang mungkin merasa penghasilan tiap bulan dari hasil bekerja di kantor kurang.

 

Selain itu para pekerja profesional sekalipun, bisa juga mengambil beberapa pekerjaan freelance ini karena bisa dikerjakan dengan mudah, apa saja pekerjaan freelance nya? Yuk simak dibawah.

 

Copywriter

Pekerjaan freelance paling mudah dan bisa dikerjakan pakai HP yang pertama adalah copywriter, pekerjaan freelance copywriter menjadi salah satu pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh siapapun. Selain itu untuk bisa bekerja sebagai Copywriter kita bisa memanfaatkan beberapa aplikasi di handphone untuk bekerja.

 

Contohnya, untuk menulis kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Document atau bisa juga memanfaatkan aplikasi Note bawaan handphone.

 

Biasanya saat kamu bekerja freelance sebagai Copywriter, kamu akan mengerjakan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan penulisan content untuk sosial media atau website dari client.

 

Ketika kamu akan menjadi seorang freelance copywriter kamu bisa menentukan rate card atau harga dari jasa yang kamu berikan, dan biasanya dalam menentukan harga kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut:

 

  • Banyak kata dari content yang dibuat
  • Lama pengerjaan
  • Tingkat kesulitan
  • Banyak nya content yang dibuat

Admin Sosial Media

Berikutnya adalah pekerjaan freelance sebagai admin sosial media, Pekerjaan yang satu ini cocok bagi kamu yang suka bermain sosial media seperti Facebook, Instagram, Tiktok, LinkedIn, Twitter dan sosial media lain.

 

Pekerjaan ini menjadi salah satu pekerjaan freelance yang bisa dibilang mudah untuk dikerjakan dan bisa dikerjakan menggunakan handphone saja.

 

Biasanya seorang social media admin akan bekerja memanajemen seluruh akun sosial media dari client, dan bertugas untuk membalas setiap pesan yang masuk serta membalas komentar dari followers.

 

Untuk bisa bekerja menjadi seorang freelance admin social media setidaknya kamu harus menguasai beberapa sosial media seperti yang sudah disebutkan diatas, serta memiliki skill manajemen dan multitasking yang baik.

 

Karena biasanya sebagai admin, kamu akan menghandle beberapa sosial media client sekaligus. Untuk penentuan rate card atau harga yang bisa kamu tawarkan pada jasa freelance admin social media bisa di sesuaikan dengan lama durasi client membutuhkan jasa kamu, serta berapa jumlah social media yang kamu pegang.

 

Responden Survei

Pekerjaan freelance mudah dan bisa dikerjakan pakai HP berikutnya adalah menjadi seorang responden survei.

 

Mungkin kamu tidak mengira, seorang responden survei akan di bayar. Namun pada kenyataannya ada banyak orang yang membutuhkan jasa ini untuk dapat mengisi survey dari penelitian yang sedang mereka kerjakan.

 

Kebanyakan yang memesan jasa freelance responden survei biasanya adalah orang yang bekerja di instansi pendidikan atau pemerintah yang memang bekerja untuk mengumpulkan data.

 

Selain itu freelance responden survei juga biasanya sering dipesan oleh seorang mahasiswa tingkat akhir yang akan menyelesaikan skripsi atau tugas akhir dan melakukan survei pada penelitian mereka.

 

Menjadi seorang freelance responden survei bisa dibilang cukup menjanjikan, karena selain mudah untuk dikerjakan kita juga akan mendapatkan uang.

 

Bisa kita bayangkan jika 1 hari kamu setidaknya mengisi survey dan dibayar minimal Rp. 20.000 dalam sekali isi, dan di hari itu ada setidaknya 10 survei yang harus diisi, maka kamu akan mendapatkan penghasilan yaitu Rp. 200.000 dalam 1 hari. Cukup besar bukan?

 

Penonton Bayaran Live Streaming 

Berikutnya adalah pekerjaan freelance mudah menjadi seorang penonton bayaran live streaming. 

 

Jika kamu seorang yang suka menonton live streaming atau suka menonton film dalam durasi lama, maka menjadi penonton bayaran live streaming menjadi salah satu pekerjaan freelance yang cocok untukmu.

 

Semenjak pandemi covid-19 ada berbagai kegiatan yang mulai dialihkan menjadi online menggunakan media digital, contohnya seperti acara-acara seminar, atau event lainnya.

 

Penonton bayaran live streaming sendiri bertugas hanya menonton dan mengikuti live streaming acara yang diselenggarakan orang client yang memesan kamu, misalnya jika client memesan jasa kamu untuk menonton live streaming sebuah webinar. Maka kamu bisa stay pada Zoom, Instagram, atau YouTube sesuai dengan platform yang digunakan oleh client untuk mengadakan event. 

 

Untuk menjadi seorang penonton bayaran live streaming ini pun kamu tidak perlu repot mengeluarkan banyak modal, karena dengan bermodalkan handphone dan kuota internet saja kamu sudah bisa mendapat uang dari pekerjaan freelance ini.

 

Content Creator 

Pekerjaan freelance mudah dan bisa dikerjakan pakai HP yang terakhir adalah menjadi seorang freelance content creator.

 

Seperti yang sudah kita tahu bahwa saat ini perusahaan mana yang tidak membutuhkan content untuk sosial media mereka. Oleh karena itu menjadi seorang freelance content creator adalah pilihan yang bisa kita pilih untuk mendapatkan uang tambahan.

 

Saat ini kamu bisa menjadi seorang freelance content creator hanya dengan menggunakan HP karena sudah ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat content.

 

Contohnya, jika client memesan content video untuk platform Tiktok mereka kamu bisa memanfaatkan aplikasi CapCut untuk membuat content video. Dan jika client memesan content berupa postingan sosial media maka kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Canva, PicsArt, R Studio dan aplikasi lain yang serupa untuk membuat contentnya.

 

Gimana tertarik untuk menjadi seorang freelance? Jika iya, kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan freelance terbaru melalui TopKarir. 

 

Dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar