Pencari Karir Pencari Kandidat

Tips Negosiasi Harga Dengan Client Freelance dari Luar Negeri

02 November 2022 16:11 2877 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Pada saat client tertarik akan memesan jasa freelance kamu tentunya ada satu proses yang harus dilalui, proses tersebut adalah negosiasi harga. 

 

Meskipun kamu sudah mencantumkan harga dari jasa yang kamu berikan, akan tetapi tidak sedikit dari orang yang menegosiasikan harga tersebut karena mereka ingin mendapatkan harga yang lebih murah dari harga yang sudah kamu patok.

 

Tentunya hal ini menjadi salah satu tantangan bagi para freelancer, terutama jika kamu mendapatkan client yang bukan merupakan orang Indonesia dan tentunya cara negosiasi pun akan sedikit berbeda.

 

Namun sobat karir tidak perlu khawatir, karena pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana tips negosiasi harga dengan client freelance dari luar negeri.

 

Yuk Simak pembahasan lebih lengkapnya dibawah hingga akhir!

 

Tips Negosiasi Harga Dengan Client Freelance dari Luar Negeri

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat melakukan negosiasi harga dengan client dari luar negeri, berikut adalah beberapa tipsnya:

 

Research Terlebih Dahulu Harga Jasa Yang Serupa

Tips yang pertama kamu bisa melakukan research terlebih dahulu mengenai harga dari jasa yang kamu tawarkan, biasanya dalam dunia freelance ada juga beberapa freelancer yang menyediakan jasa serupa dengan kamu.

 

Saat kamu sudah mendapatkan data mengenai harga jasa yang serupa maka kamu bisa mulai menegosiasikan harga tersebut bersama client luar negeri yang memesan jasa freelance kamu.

 

Contohnya, saat kamu menawarkan jasa web design maka kamu bisa research terlebih dahulu berapa harga dari jasa web design dari freelancer lain, kemudian menerapkan harga nya pada jasa kita.

 

Namun tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa memberikan harga yang di atas dari harga sewajarnya atau di bawahnya, hal tersebut tergantung kamu pada saat melakukan negosiasi dengan client.

 

Tonjolkan Kelebihan Jasa Pada Client

Agar proses negosiasi bersama client luar negeri lancar, kamu bisa menonjolkan beberapa kelebihan yang ada pada jasa kamu dan tidak ada pada freelancer lain, contohnya pada jasa kamu client bisa memberikan unlimited revisi pada client.

 

Biasanya client setelah mengetahui kelebihan dari jasa freelance yang kamu tawarkan, mereka akan lebih tertarik dan yakin bahwa kamu memang freelance yang profesional dan layak mengerjakan projectnya.

 

Berikan Diskon Jika Pertama Kali Pesan Jasa

Tips berikutnya adalah dengan memberikan diskon, Jika kamu ingin membuat client dari luar negeri menjadi pelanggan setia maka dengan memberikan diskon pada pembelian pertama adalah cara yang efektif.

 

Contoh diskon yang bisa kamu berikan adalah dengan menurunkan harga yang asalnya Rp. 500.000 menjadi Rp. 400.000 dan seterusnya.

 

Selain itu, Dengan memberikan diskon tentunya hal ini akan meningkatkan peluang kamu dalam mendapatkan projects dari mereka. 

 

Apalagi jika hasil kerja dari menyelesaikan projects tersebut memuaskan, pasti client bakal memesan lagi padamu.

 

Berikan Contoh Pekerjaan Yang Sudah Pernah Dikerjakan

Berikutnya kamu bisa memberikan contoh projects atau pekerjaan serupa yang pernah kamu kerjakan sebelumnya.

 

Pada saat proses negosiasi harga kamu bisa lebih meyakinkan client dengan memberikan contoh pekerjaan sebelumnya, sehingga client akan percaya pada hasil kerjamu dan biasanya tidak akan keberatan dengan harga jasa yang ditawarkan.

 

Berbicara Sesuai Fakta dan Realistis 

Tips negosiasi dengan client luar negeri yang berikutnya adalah dengan berbicara sesuai fakta. 

 

Pada saat melakukan negosiasi tentunya nanti akan ada beberapa yang dibahas, Mulai dari Harga, waktu pengerjaan, dan lainnya. Pada proses ini usahakan kamu harus berbicara sesuai fakta dan jangan di lebih-lebihkan.

 

Misalnya, ketika kamu negosiasi tentang harga jasa maka kamu harus bisa menjelaskan dengan terperinci mengenai kenapa kamu mematok harga segitu, disini contohnya kamu bisa menceritakan mengenai research yang telah dilakukan pada jasa freelancer serupa. 

 

Tetap Tenang Selama Proses Negosiasi 

Tips negosiasi yang terakhir adalah tetap tenang, Saat melakukan negosiasi dengan client dari luar negeri kamu harus tenang dan tidak terburu-buru.

 

Jika saat kamu menawarkan harga jasa pada client dan mereka ingin memikirkan nya dulu maka kamu bisa memberikan waktu.

 

Jangan sampai ketika negosiasi kamu terkesan memaksa dan terburu-buru, karena hal ini tentunya akan membuat client menjadi tidak nyaman. Dan bisa saja malah memilih freelancer lain untuk mengerjakan projectnya.

 

Penutup 

Gimana sekarang sudah tau kan caranya negosiasi harga dengan client dari luar negeri? Bagi kamu yang memiliki tips lain yuk bisa komen dibawah!

 

Itu tadi pembahasan mengenai tips negosiasi harga dengan client freelance dari luar negeri, semoga bisa membantu kamu para freelancer pemula yang masih belum mengetahui bagaimana cara negosiasi harga.

 

Bagi kamu yang ingin mencari pekerjaan freelance, kamu bisa mengunjungi TopKarir karena disini kamu akan mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan freelance terbaru dan terlengkap.

 

Dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar tips pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar