KANDIDAT PERUSAHAAN

Mengenali Talenta Diri Kamu dan Mengembangkannya Dalam Dunia Kerja

24 Maret 2021 20:03 21851 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 5 KALI DIBAGIKAN

Halo Sahabat Topkarir, apakah kamu merasa cukup handal dalam suatu bidang? Atau kamu merasa sangat menguasai suatu talenta yang tidak dimiliiki orang lain di lingkungan kerja? Inilah saatnya kamu mengenali talenta alami diri kamu dan mulai untuk mengembangkannya agar lebih baik lagi.

 

  • Mengevaluasi Hobi dan Kegiatanmu 

 

Sebagai anak muda sudah pasti kita seringkali menyukai sesuatu entah itu benda ataupun kegiatan. Hal itu sangat baik jika kegiatan kamu merupakan kegiatan yang positif, bahkan kesukaan atau hobi kamu jika ditekuni bisa berdampak baik untuk hidup terutama karirmu.

 

Mungkin hobimu tidak hanya satum cobalah melakukan penilaian, dari semua kegiatan yang kamu lakukan, kegiatan apa yang paling kamu sukai. Mulailah saatnya kamu menentukan dan melakukan penilaian dari segi mana kamu menguasai. Misalnya, kamu senang menggambar di sela kerja, dan senang bermain musik ketika pulang dari kerja. Kamu harus bisa mengevaluasi talenta mana yang paling kamu kuasai.

 

Kamu harus bisa memilah, hobi mana yang akan berguna di tempat kerja dan hobi mana yang berguna untuk menambah penghasilan kamu lewat talenta yang sudah kamu kuasai. Dengan hal ini, fokuskan pada talenta yang sudah benar-benar kamu kuasai dan mengasahnya lebih baik lagi. Di lain waktu, kamu juga bisa mengembangkan talenta lain yang kamu senangi.

 

  • Mempelajari Bakat yang Belum Pernah Kamu Tahu Sebelumnya

 

Kamu harus bersikap haus akan pengetahuan dalam mengembangkan kemampuan diri kamu. Jika kamu pandai dalam suatu talenta, ada baiknya kamu mempelajari talenta lain dan mengasahnya agar lebih baik lagi. Semakin banyak talenta yang kamu kuasai, semakin menonjolkan sikap kamu yang multi-talent yang juga akan berguna di lingkungan kerja. Mempelajari hal baru juga dapat melatih kamu untuk menghadapi dan menyelesaikan suatu tantangan, yang ada di dunia kerja.

 

 Talenta dan kesukaan yang berguna pada lingkungan kerja biasanya seperti :

 

  • Hobi membaca, dapat memperluas wawasan kamu di dunia kerja
  • Pandai dalam memotivasi seseorang, hal ini juga sangat berguna dan membuat kamu penting di lingkungan kerja
  • Membuat humor, dapat meningkatkan mood rekan kerja agar mereka lebih semangat dalam bekerja
  • Komunikasi yang efektif, jika kamu menguasai cara ber-sosialisasi yang dapat membuat lawan bicara merasa nyaman bicara dengan kamu. Hal ini juga akan sangat berguna di tempat kerja
  • Mengendalikan situasi, talenta ini sangat berguna jika ada suatu konflik di tempat kerja. Dan kamu dapat memecah suatu konflik dengan mengendalikan situasi agar terkesan nyaman.

 

Kegiatan yang positif dapat membawamu kearah yang lebih baik terutama dalam urusan karir. Dapatkan inspirasi menarik lainnya yang sesuai denganmu di www.topkarir.com.

 

Komentar