KANDIDAT PERUSAHAAN

Mahasiswa Berinovasi Bersama Ciptakan Perubahan Untuk Negeri

24 Maret 2021 20:03 4541 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Menghubungkan dan memberdayakan anak muda di seluruh Indonesia dengan membangun Startup selama 54 jam bagi para Mahasiswa yang sejalan dengan salah satu dari 5 Program Prioritas Pemerintah RI 2020-2024: pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

 

Jakarta, Indonesia, 21 September 2020 – Anak muda Indonesia adalah potensi yang besar bagi keberlangsungan bangsa ini, dari data tahun 2019 oleh World Economic Forum, 36% anak muda dan 88% Gen Z di Indonesia ingin menjadi Entrepreneur dan menjadikan persentase tertinggi di Asia Tenggara, sebanyak 34% anak muda Indonesia juga sudah memulai usahanya sendiri, namun rasio entrepreneur Indonesia yang sebesar 3,1% dari total populasi penduduk atau sekitar 8,06 juta orang, masih di bawah negara tetangga, seperti Singapura yang saat ini sudah mencapai angka 7%, dan Malaysia yang berada di level 5%. Padahal untuk menjadi negara maju dibutuhkan lebih dari 14% jumlah pelaku entrepreneur dari total populasi penduduknya.

 

KUMPUL sebagai wadah pembangun ekosistem entrepreneur di Indonesia melihat diperlukannya sebuah program pemberdayaan dan bimbingan berkualitas bagi para potensi muda yang punya semangat merealisasikan ide mereka untuk mengisi gap kewirausahaan di Indonesia, dan menciptakan entrepreneur baru, karenanya KUMPUL ingin mendukung semangat anak muda untuk menyalurkan semangat kewirausahaan mereka menjadi hasil nyata dan berkualitas melalui program yang bernama, Startup Weekend Indonesia Next Gen, sebuah program yang menghubungkan dan memberdayakan anak muda di seluruh Indonesia.

 

Startup Weekend Indonesia Next Gen yang merupakan program KUMPUL bersama mitra Techstars membuat program akan berlangsung selama 54 jam untuk membangun startup pada enam fokus sektor: kesehatan, populasi rentan, komunitas, bisnis, edukasi, dan hiburan. Startup Weekend Indonesia sendiri merupakan program giving-back dari akselerator asal US, Techstars sejak tahun 2007, menjadi Biggest entry point bagi entrlokalepreneurs untuk membangun startup, startup weekend telah diorganisir oleh komunitas dan hampir 70 ribu peserta di 120 negara di seluruh dunia setiap tahun. Di Indonesia, KUMPUL Bersama Tehcstarts sudah lebih dari 50 kali melakukan program ini bersama lebih dari 100 komunitas di seluruh Indonesia. Dukungan untuk Startup Weekend Indonesia merupakan salah satu cara terbaik untuk mendukung komunitas lokal dan terhubung dengan early stage businesses.

 

Kegiatan Startup Weekend Indonesia Next Gen akan diawali Orientation Day, dengan Opening Speech & Keynote oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Bapak Nadiem Makarim serta Menteri Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bapak Bambang Brodjonegoro. Serta akan dilakukan Panel Discussion dalam Orientation Day tersebut.

 

Startup Weekend Indonesia Next Gen dapat diikuti oleh ribuan orang yang berusia 18 - 25 tahun, diadakan oleh lebih dari 30 Universitas dan lebih dari 30 acara individu selama bulan September – Oktober 2020, selama 54 jam membentuk dan mewujudkan ide Startup yang didampingi oleh mentor – mentor terbaik di Indonesia. Hari pertama akan berbentuk pembentukan tim dan ide dari peserta, hari kedua akan berlangsung sesi dari pembicara, mentoring dan pembentukan startup, serta hari ketiga akan dilakukan pelatihan presentasi dan menunjukkan pekerjaan mereka kepada juri. Startup terbaik akan dipilih untuk Demo Day, serta 3 Startup terbaik akan mendapatkan mentoring selama 3 bulan.

 

Tentang KUMPUL

KUMPUL adalah penggerak ekosistem entrepreneurship dan startup di Indonesia yang mengkatalisasi pertumbuhan ekosistem ekonomi kreatif dan digital melalui program-program yang dijalankan bersama jaringan coworking dan komunitas di 24 kota. KUMPUL adalah mitra utama Techstar dan pemegang lisensi Startup Weekend Indonesia, serta mitra strategis dan koordinator Gerakan 1000 Startup Digital. www.kumpul.id

 

Tentang Techstars

Techstars adalah platform global untuk investasi dan inovasi. Para pendiri Techstars terhubung dengan pengusaha, pakar, mentor, alumni, investor, ketua komunitas, dan perusahaan untuk menumbuhkan perusahaan mereka. Techstars mengoperasikan tiga divisi: Program Startup Techstars, Program Akselerator Berbasis Mentor Techstars, dan Kemitraan Inovasi Korporat Techstars. Portofolio akselerator Techstars mencakup lebih dari 1.900 perusahaan dengan kapitalisasi pasar lebih dari $26 Miliar. www.techstars.com

Komentar