Pencari Karir Pencari Kandidat

Inilah Daftar Gaji Nahkoda Kapal Pesiar di Indonesia

26 Oktober 2022 16:10 4473 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

Gaji nahkoda di kapal pesiar Indonesia tentunya sangat besar, karena untuk menjadi seorang nakhoda bukanlah hal yang mudah kamu harus menempuh pendidikan khusus di Angkatan Laut jika ingin berkarir menjadi seorang nahkoda di kapal pesiar.

 

Nahkoda merupakan salah satu profesi yang cukup diminati meskipun pekerjaan ini tergolong menjadi salah satu pekerjaan yang terbilang menantang, Hal ini karena gaji akan diterima oleh seorang nakhoda tentunya tidak main-main.

 

Ada berbagai tanggung jawab yang harus dipikul oleh seorang nahkoda karena bertanggung jawab membawa nyawa para penumpang dan awak kapal untuk bisa selamat dalam pelayaran, menjadi seorang narkoba juga harus memiliki sikap yang tegas serta memiliki jiwa kepemimpinan maka tidak heran profesi ini sering juga disebut dengan panggilan kapten kapal.

 

Gaji nahkoda kapal pesiar tentunya cukup bervariasi tergantung dari kapal mana tempat nahkoda tersebut berlayar, bagi kamu yang ingin berkarir menjadi seorang nahkoda kamu bisa menyimak cara, tugas serta daftar gajinya pada pembahasan di bawah.

 

Cara Menjadi Seorang Nahkoda

Untuk bisa berkarir menjadi seorang nahkoda tentunya jalannya cukup panjang, karena kamu harus memiliki pengalaman kerja di kapal bersama dengan narkoba. Sehingga dengan pengalaman tersebut kamu bisa menaikkan level jabatan menjadi nahkoda dengan cara mengikuti tes kompetensi tertentu.

 

Selain itu untuk menjadi seorang nahkoda kamu juga setidaknya harus memiliki jam terbang di kapal minimal 360 hari dalam jangka waktu 5 tahun.

 

Dan biasanya kamu juga harus bisa menguasai keahlian yang berkaitan dalam mengoperasikan kapal, tidak hanya itu untuk menjadi seorang nahkoda juga kamu harus memiliki pendidikan pelayaran serta lolos tes fisik dan obat-obatan.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Nahkoda

Ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang akan kamu emban ketika menjadi seorang nakhoda kapal pesiar, bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawabnya kamu bisa menyimaknya dibawah.

 

  • Tugas pertama dari seorang nakhoda adalah memeriksa dan memastikan kapal yang akan dikendarai memiliki kondisi yang aman dan layak untuk berlayar.
  • Memberikan laporan jika terjadi kecelakaan ataupun insiden yang terjadi sesuai dengan ketentuan pada manajemen.
  • Bertanggung jawab dalam proses pemeliharaan dan penampilan kapal, baik itu penampilan dari luar maupun penampilan dan pemeliharaan mesin-mesin kapal.
  • Bertanggung jawab dalam mengatur kinerja awak kapal selama proses pelayaran berlangsung.
  • Bertanggung jawab atas pelaksanaan operasi yang berjalan sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
  • Harus bisa membangun suasana menyenangkan dan mendukung dan mendukung di atas kapal bagi awak ataupun penumpang.

Daftar Gaji Nahkoda

Dengan berbagai tugas dan tanggung jawab yang sudah disebutkan di atas tentunya kamu bertanya-tanya berapa gaji nahkoda? Dikutip dari kumparan.com, gaji nahkoda per bulan setidaknya akan mendapatkan gaji sebesar Rp. 100 juta perbulan atau Rp. 1,2 Miliar per tahun.

 

Dengan gaji nahkoda yang cukup besar tersebut tentunya akan sebanding dengan tugas dan tanggung jawab yang diterima oleh seorang nahkoda kapal pesiar, tidak hanya itu untuk bekerja menjadi seorang nahkoda tentunya kamu harus memiliki sertifikasi terlebih dahulu untuk berlayar.

 

Tertarik Menjadi Seorang Nahkoda?

Bagi kamu yang tertarik menjadi seorang nahkoda minimal Kamu harus menjadi memiliki sertifikasi ahli nautika 1 dan menempuh pendidikan nahkoda pada sekolah pelayaran, di Indonesia sendiri terdapat berbagai sekolah pelayaran yang bisa kamu pilih mulai dari sekolah pelayaran swasta maupun negeri.

 

Bagi kamu yang saat ini belum memiliki pekerjaan kamu bisa mencari informasi lowongan pekerjaan terbaru melalui TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar