Pencari Karir Pencari Kandidat

Inilah 6 Tugas HRD dalam dunia kerja yang wajib kamu ketahui

19 Agustus 2022 14:08 1857 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Tugas seorang HRD perusahaan seringkali menjadi salah satu pertanyaan yang banyak ingin diketahui oleh semua orang, terutama bagi kamu yang nantinya akan memilih untuk berjenjang karir pada profesi ini, HRD memiliki peranan penting dalam suatu organisasi ataupun perusahaan agar berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan yang ingin dicapai.

 

Bagi kamu yang masih menanyakan Apa itu HRD dan juga seperti apa tugas mereka kamu bisa menyimak pembahasan kali ini karena disini kami akan membahas mengenai tugas HRD dalam dunia kerja yang wajib kamu ketahui, HRD sendiri merupakan sebuah singkatan dari human resource development yang mana memiliki arti sebagai manajemen sumber daya manusia ataupun SDM.

 

Profesi HRD ini sangat dibutuhkan karena memiliki tugas yang penting di perusahaan mulai dari bertugas untuk merekrut karyawan baru atau pun mengelola administrasi data perusahaan, untuk beberapa tugas HRD lainnya kamu bisa menyimaknya di bawah.

 

6 Tugas HRD dalam dunia kerja  

Melakukan Perencanaan

Tugas HRD yang pertama adalah melakukan perencanaan, ada banyak sekali perencanaan yang akan ditugaskan dan dikelola oleh HRD salah satunya seperti perencanaan program dan juga perencanaan tenaga kerja, saat melakukan perencanaan program tentunya Ada banyak hal yang harus disiapkan oleh HRD salah satunya adalah sumber daya manusia.

 

Karena tentunya dalam setiap program pasti memiliki kebutuhan tenaga kerja yang berbeda-beda, dan untuk perencanaan tenaga kerja diperlukan untuk menyiapkan kebutuhan tenaga kerja dalam setiap divisi.

 

Menyelenggarakan Rekrutmen

Berikutnya adalah tugas menyelenggarakan rekrutmen ataupun seleksi, rekrutmen dilakukan karena tentunya perusahaan membutuhkan karyawan ataupun sumber daya manusia yang berpotensi baik untuk membangun perusahaan, namun untuk melakukan hal ini tentunya HRD harus melakukan berbagai serangkaian proses mulai dari administrasi hingga wawancara untuk mendapatkan kandidat yang berpotensi tersebut.

 

Tidak hanya itu dalam menemukan SDM yang tepat perusahaan juga akan terbantu dan tidak akan mengalami kesulitan ketika mengembangkan potensi karyawan karena sudah dibantu oleh HRD.

 

Memberikan Training and Development

Salah satu tugas yang penting bagi seorang HRD adalah memberikan training and development kepada karyawan, tugas ini berfungsi supaya karyawan baru ataupun lama mampu memberikan hasil yang terbaik untuk perusahaan.

 

Tugas melakukan pelatihan dan juga pengembangan ini adalah hal yang sangat penting dan perlu dilakukan oleh perusahaan karena tentunya karyawan perlu meningkatkan kemampuan mereka sehingga dapat memberikan dampak positif untuk kedepannya.

 

Menyediakan Kompensasi dan Keuntungan

Tugas HRD berikutnya adalah menyediakan kompensasi dan juga keuntungan bagi karyawan, isu yang cukup penting di perusahaan tentu saja adalah menyediakan kompensasi dan juga memberikan keuntungan bagi karyawan. Ketika akan merancang sebuah program kompensasi maka yang dipikirkan oleh HRD banyak sekali mulai dari upah, program asuransi, hingga keuntungan ataupun benefit.

 

Biasanya HRD tidak hanya merancang melainkan juga akan mengelola skema serta mengatur tata cara untuk mendistribusikannya, namun perlu dilihat bahwa kompensasi serta keuntungan ini diberikan dengan syarat mengikuti undang-undang yang berlaku karena hal ini merupakan isu sensitif dalam dunia kerja.

 

Administrasi Data

Berikutnya adalah tugas administrasi data, salah satu tugas HRD dalam perusahaan adalah melakukan administrasi data, dan untuk data di sini adalah data karyawan, payroll, pembayaran karyawan, hingga sistem kontrak kerja. Nantinya pekerjaan ini tidak hanya akan dikerjakan oleh HRD saja karena bagian personalia juga akan membantu dan meringankan kerja HRD.

 

Mengadakan Evaluasi Karyawan 

Tugas HRD yang terakhir adalah mengadakan evaluasi karyawan, dalam setiap periode ataupun 6 bulan sekali tentunya perusahaan perlu untuk melakukan evaluasi karyawan karena evaluasi ini menjadi salah satu hal yang penting untuk bisa menilai kinerja karyawan.

 

Nantinya evaluasi tidak hanya akan berfokus pada kinerja melainkan juga pada saat pelatihan dan juga pengembangan yang sudah diselenggarakan oleh HRD.

 

Dalam dunia kerja profesi HRD ini menjadi salah satu profesi yang paling banyak diminati, oleh karena itu bagi kamu yang ingin menjadi seorang HRD ada baiknya kamu harus mempelajari tugas-tugasnya terlebih dahulu agar nantinya ketika kamu menjadi seorang HRD kamu sudah menguasai semuanya.

 

Bagi kamu yang ingin mencari lowongan kerja HRD kamu bisa mengunjungi TopKarir, dapatkan juga informasi mengenai pekerjaan dan juga tips karir dengan mengunjungi TipsKarir.

 

Komentar