Pencari Karir Pencari Kandidat

Daftar Gaji Staff Administrasi di Perusahaan Indonesia

28 Oktober 2022 18:10 4132 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

 

Dalam dunia kerja tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan staff administrasi, gaji staff administrasi sendiri di beberapa perusahaan tentunya berbeda sesuai dengan pengalaman hingga skill yang dimiliki.

 

Seorang staff administrasi biasanya akan bekerja melibatkan administrasi perusahaan, bagi kamu yang ingin berkarir menjadi seorang staff administrasi ada baiknya mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu staff administrasi, tugas, syarat bekerja, dan berapa gaji staff administrasi perbulannya di Indonesia.

 

Bagi kamu yang penasaran, kamu bisa menyimak pembahasan di bawah ini sampai selesai.

 

Apa itu Staff Administrasi?

staff administrasi adalah sebuah profesi yang berfokus pada perencanaan dan mengkoordinasi tugas administrasi yang ada di perusahaan.

 

Namun Selain itu staff administrasi juga biasanya akan bekerjasama dengan karyawan lain untuk mengatur beberapa file, membuat sebuah presentasi, dan bahkan menyiapkan laporan atau dokumen.

 

Profesi staff administrasi menjadi salah satu pilihan yang yang baik terutama bagi kamu para presiden yang memiliki banyak pengalaman di bidang administrasi atau lulusan jurusan dan administrasi Saat kuliah.

 

Tugas Seorang Staff Administrasi 

Ada beberapa tugas yang akan kamu lakukan saat bekerja menjadi seorang staff administrasi di sebuah perusahaan, Adapun untuk tugasnya yaitu sebagai berikut.

 

  • Tugas pertama adalah menangani tugas-tugas administrasi, kamu akan dituntut untuk bisa menangani segala tugas yang berhubungan dengan administrasi perusahaan. Contohnya seperti pengarsipan, pembuatan laporan atau presentasi, hingga mengatur sebuah rapat.
  • Berikutnya adalah bertanggung jawab atas materi yang bersifat rahasia dan sensitif.
  • Mendukung kinerja manajer dan karyawan melalui berbagai tugas yang terkait dengan perusahaan dan yang terkait dengan administrasi.
  • Merancang segala kebutuhan akomodasi perjalanan.
  • Menjawab telepon atau panggilan serta membalas pesan yang masuk pada perusahaan.
  • Menjaga komunikasi yang baik, baik itu dengan pihak internal maupun pihak eksternal perusahaan.
  • Tugas berikutnya adalah mengelola database agar lebih terorganisir karena database merupakan salah satu aset penting dari perusahaan.
  • Tugas yang terakhir adalah menyelesaikan masalah administrasi perusahaan dan mencari solusi terbaik untuk permasalahan tersebut.

Skill yang Harus Dikuasai Staff Administrasi 

Untuk bisa menjadi seorang staff administrasi yang profesional tentunya kita harus menguasai beberapa kemampuan atau skill terlebih dahulu, Adapun untuk skill yang harus dikuasai oleh seorang staff administrasi yaitu sebagai berikut.

 

Critical thinking

Skill pertama yang harus dikuasai oleh seorang staff administrasi adalah critical thinking atau berpikir kritis, skill ini sangat berguna terutama ketika kamu dihadapkan untuk mengambil sebuah keputusan. Ketika kamu memiliki critical thinking tentunya kamu bisa memilih keputusan mana yang harus diprioritaskan.

 

Komunikasi

Skill berikutnya adalah komunikasi, seorang staff administrasi harus bisa berkolaborasi dengan staff lain ataupun personil pendukung dari pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Selain itu saat kamu memiliki skill komunikasi yang baik tentunya kamu juga bisa menjalin relasi dengan divisi lain dengan mudah.

 

Leadership

Berikutnya adalah skill leadership atau kepemimpinan, kamu harus memiliki sifat ini karena seorang staff administrasi biasanya akan berorientasi pada detail dan menjadi seorang yang terorganisir. Tidak hanya itu biasanya seorang staff administrasi juga tidak jarang akan bekerja bersama staff administrasi lain Jadi kamu harus bisa mengarahkan dan berkolaborasi dengan yang lain.

 

Multitasking

Skill yang harus dikuasai seorang staff administrasi berikutnya adalah multitasking, biasanya Stefan administrasi harus mampu menangani beberapa tugas tertentu dengan sekaligus sehingga keterampilan multitasking ini sangatlah dibutuhkan Jika kamu ingin menjadi seorang staff administrasi yang profesional.

 

Penggunaan software

Skill terakhir yang harus dikuasai oleh seorang staff administrasi adalah skill dalam penggunaan software, setidaknya seorang staff administrasi harus bisa menguasai software Microsoft Office atau skill serupa yang akan membantu menangani dalam proses administrasi perusahaan.

 

Daftar Gaji Staff Administrasi di Indonesia 

Untuk gaji dari seorang staff administrasi di Indonesia sendiri biasanya akan cukup beragam, karena ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi gaji dari staff administrasi itu sendiri. Dikutip dari prosple.com, gaji staff administrasi fresh graduate perbulannya akan mendapatkan gaji sebesar Rp. 3.000.000 juta - Rp. 5.000.000 juta perbulan.

 

Sedangkan untuk rata-rata gaji dari seorang staff administrasi di Indonesia dikutip dari linovhr.com, rata-rata gaji perbulannya akan mendapatkan gaji sebesar Rp. 3.290.000 juta - Rp. 4.000.000 juta perbulan.

 

Penutup 

staff administrasi merupakan salah satu pekerjaan yang akan berhubungan langsung dengan administrasi perusahaan, Jadi jika kamu ingin berkarir menjadi seorang staff administrasi kamu bisa menguasai beberapa skill di atas terlebih dahulu.

 

Gaji staff administrasi juga akan bermacam-macam tergantung dari perusahaan tempat kamu bekerja nantinya, tidak hanya itu faktor lain yang mempengaruhi gaji dari seorang staff administrasi adalah wilayah tempat perusahaan tersebut beroperasi.

 

Aku bagi kamu yang tertarik menjadi seorang staff administrasi, kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan kerja staff administrasi melalui TopKarir. Selain informasi mengenai lowongan pekerjaan kamu juga bisa mencari informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar