Pencari Karir Pencari Kandidat

Daftar Gaji Housekeeping Hotel Bintang 3, 4, dan 5 di Indonesia

27 Oktober 2022 14:10 4616 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Gaji housekeeping hotel memiliki nominal yang besar apalagi ketika kamu bekerja menjadi seorang housekeeping di hotel ternama, profesi housekeeping ini merupakan sebuah profesi yang cocok bagi kamu yang suka di sektor pariwisata.

 

Seperti yang kita tahu bahwa di Indonesia sendiri banyak sekali sektor wisata mulai dari wisata alam hingga budaya, maka tidak heran tenaga housekeeping hotel dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan pariwisata sangat dibutuhkan.

 

Bahkan untuk bisa mencetak seorang pekerja profesional di Indonesia saat ini sudah ada beberapa perguruan tinggi yang menghadirkan jurusan khusus pariwisata atau perhotelan.

 

Bagi kamu yang berminat berkarir menjadi housekeeping kamu bisa mengenal apa itu housekeeping terlebih dahulu pada pembahasan di bawah.

 

Apa itu Housekeeping?

Housekeeping adalah sebuah manajemen yang bertanggung jawab dalam mengurus kebutuhan rumah tangga. Misalnya memasak, membersihkan setiap sudut ruangan, mengurus tagihan, dan berbelanja.

 

Housekeeping juga dapat disebut sebuah departemen operasional dalam suatu hotel ataupun apartemen yang mengurus segala kebutuhan hotel terkait dengan perawatan dan kebersihan hotel. Housekeeper yang bertugas pada departemen housekeeping.

 

Adapun untuk penjelasan lebih lengkapnya mengenai tugas dan tanggung jawab seorang housekeeping kamu bisa menyimaknya dibawah.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeping 

Saat kamu nanti bekerja menjadi seorang housekeeping ada beberapa tugas yang harus kamu kerjakan, diantaranya adalah :

 

Housekeeping akan menghubungi front officer untuk mendapatkan informasi mengenai kamar VIP yang telah dipesan di hari itu, dan jadwal check-out room. Kemudian laporan akan diteruskan ke masing-masing supervisor.

 

  • Melakukan pencatatan dan pemeriksaan barang yang hilang ataupun rusak dan diganti dengan yang baru.
  • Membagi jadwal cleaning supplies ke masing-masing lantai.
  • Membuat laporan jadwal housekeeping evening shift.
  • Bertanggung jawab terhadap jalannya pekerjaan di waktu sore hingga malam, terutama apabila executive housekeeping sedang tidak ada di tempat.
  • Mengisi buku daftar hadir.

Selain beberapa tugas di atas seorang housekeeping juga memiliki tanggung jawab yang harus dipenuhi, untuk beberapa tanggung jawabnya adalah :

 

  • Membersihkan dan memelihara kamar-kamar tamu di seluruh area hotel.
  • Menjaga kebersihan secara menyeluruh di public hotel.
  • Menjaga kebersihan linen hotel.
  • Membuat laporan status kamar ke bagian front officer.
  • Menjaga peralatan kerja housekeeping dengan baik.
  • Menata kamar supaya terlihat bersih dan indah.

Dalam menjalankan beberapa tugas dan tanggung jawab tersebut seorang housekeeping tentunya akan diberi upah atau gaji setiap bulannya.

 

Dikutip dari tipkerja.com, berikut adalah gaji housekeeping hotel bintang 3 sampai bintang 5 di Indonesia. Bagi kamu yang penasaran berapa gaji nya kamu bisa menyimak pembahasannya berikut ini.

 

Gaji Housekeeping Hotel Bintang 3

Gaji housekeeping tentunya akan berbeda setiap hotelnya, semakin bagus hotel tempat housekeeping tersebut bekerja maka gaji nya akan semakin besar, untuk gaji perbulan dari seorang housekeeping hotel bintang 3 yaitu mendapatkan gaji sebesar Rp. 2.100.000 juta perbulan. Dan untuk posisi Executive Housekeeper mendapatkan gaji sebesar Rp. 3.100.000 juta perbulan.

 

Gaji Housekeeping Hotel Bintang 4

Berikutnya adalah gaji housekeeping hotel bintang 4, untuk besaran gaji setiap bulannya akan mendapatkan gaji sebesar Rp. 3.100.000 juta perbulan, dan untuk posisi Executive Housekeeper akan mendapatkan gaji perbulan sebesar Rp. 5.100.000 juta perbulan.

 

Gaji Housekeeping Hotel Bintang 5

Gaji housekeeping yang terakhir adalah gaji housekeeping hotel bintang 5, untuk besaran gaji nya yaitu sebesar Rp. 4.600.000 juta perbulan, dan untuk posisi Executive Housekeeper akan mendapat gaji sebesar Rp. 6.200.000 juta perbulan.

 

Penutup 

Itu tadi pembahasan mengenai daftar gaji housekeeping hotel bintang 3 sampai 5 di Indonesia, untuk kamu yang ingin berkarir menjadi seorang housekeeping kamu bisa mengikuti pelatihan Housekeeper atau menjalani pendidikan pada jurusan perhotelan atau pariwisata di beberapa kampus di Indonesia.

 

Bagi kamu yang saat ini belum memiliki pekerjaan kamu bisa mencari informasi lowongan pekerjaan terbaru melalui TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

 

Komentar