Pencari Karir Pencari Kandidat

Daftar Gaji Damkar dan Tunjangannya di Indonesia

25 Oktober 2022 10:10 16567 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

Pada saat terjadi kebakaran tentunya pasukan pemadam kebakaran atau damkar selalu berada pada garda terdepan untuk melindungi nyawa seseorang yang ada pada kebakaran tersebut maka tidak heran gaji damkar tergolong memiliki gaji yang besar.

 

Pemadam kebakaran termasuk ke dalam profesi yang paling beresiko di dunia dan jika kamu ingin menjadi seorang pemadam kebakaran maka kamu tidak boleh takut akan ketinggian serta ruang gelap, alasannya karena kamu bisa saja akan menangani kasus kebakaran di gedung-gedung pencakar langit.

 

gaji damkar di indonesia cukup beragam karena petugas pemadam kebakaran biasanya dibedakan menjadi dua yaitu yang berstatus PNS dan honorer, Selain mendapatkan gaji pokok setiap bulannya seorang pemadam kebakaran juga akan mendapatkan tunjangan. 

 

Tugas Pemadam Kebakaran

Namun sebelum membahas mengenai gaji dan juga tunjangan seorang pemadam kebakaran, bagi kamu yang ingin menjadi seorang pemadam kebakaran ada baiknya mengetahui apa saja tugas dari seorang pemadam kebakaran terlebih dahulu, untuk tugasnya yaitu:

 

  • Melakukan pemadaman kebakaran.
  • Menyelamatkan jiwa dari ancaman kebakaran dan bencana lain.
  • Melakukan sebuah pencegahan akan terjadinya sebuah kebakaran.
  • Memberikan sosialisasi serta mengedukasi masyarakat mengenai tata cara pencegahan, pemadaman kebakaran dan penyelamatan.
  • Mendistribusikan dan mengendalikan logistik.
  • Melakukan koordinasi dengan pihak PLN untuk melakukan pemadaman listrik jika terjadi kebakaran di sekitar lokasi.

Dengan memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat tentunya pemadam kebakaran akan diberikan gaji pokok setiap bulannya, Adapun untuk gajinya bisa disimak di bawah.

 

Daftar Gaji Pemadam Kebakaran

gaji damkar 2022 dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah posisi atau jabatan, masa kerja, tugas dan tanggung jawab. Oleh karena itu gaji pemadam kebakaran wanita bisa saja berbeda dengan pemadam kebakaran pria karena adanya perbedaan tugas dan tanggung jawab.

 

Gaji pemadam kebakaran biasanya akan dibedakan menjadi dua yaitu gaji damkar pns dan honorer, dikutip dari kumparan.com Untuk gaji dari petugas pemadam kebakaran yang bekerja selama 40 jam dalam seminggu akan mendapatkan gaji tiap bulannya sebesar Rp. 2.000.000 juta - Rp. 4.200.000 juta perbulan.

 

Selain faktor tugas dan tanggung jawab gaji pemadam kebakaran juga dipengaruhi oleh lokasi kerja, jadi bisa disimpulkan bahwa gaji pemadam kebakaran bisa bervariasi karena dipengaruhi oleh berbagai faktor.

 

Daftar Tunjangan Pemadam Kebakaran

Setiap bulannya pemadam kebakaran selain mendapatkan gaji pokok, pemadam kebakaran juga akan mendapatkan tunjangan. Untuk beberapa tunjangan yang akan didapatkan oleh seorang pemadam kebakaran diantaranya adalah.

 

Tunjangan Kesehatan

Tunjangan pertama yang akan didapatkan oleh seorang pemadam kebakaran adalah tunjangan kesehatan, seperti yang kita tahu bahwa profesi pemadam kebakaran merupakan salah satu profesi yang paling berbahaya dan memiliki risiko tinggi. Maka dari itu tunjangan kesehatan wajib diterima oleh setiap petugas pemadam kebakaran karena jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka tunjangan kesehatan ini akan sangat membantu para petugas damkar tersebut.

 

Tunjangan Golongan

Tunjangan selanjutnya yang akan didapatkan oleh pemadam kebakaran adalah tunjangan golongan, tunjangan golongan ini hanya akan didapatkan oleh pemadam kebakaran yang sudah berstatus PNS, maka dari itu kemungkinan petugas pemadam kebakaran yang masih berstatus honorer tidak akan mendapatkan tunjangan golongan ini.

 

Tunjangan Pendidikan Anak

Berikutnya adalah tunjangan pendidikan anak, pemadam kebakaran selain mendapatkan tunjangan kesehatan juga akan mendapatkan tunjangan pendidikan anak. Para petugas pemadam kebakaran yang sudah menikah dan memiliki seorang anak akan mendapatkan tunjangan anak ini yang diperuntukkan untuk pendidikan mereka.

 

Tunjangan Hari Raya

Tunjangan terakhir yang akan didapatkan oleh seorang pemadam kebakaran adalah tunjangan hari raya, tunjangan hari raya akan didapatkan oleh seorang pemadam kebakaran ketika hari raya tiba, tunjangan hari raya ini sering juga disebut sebagai THR yang nominalnya akan tergantung dari daerah ataupun lokasi dinas pemadam kebakaran itu sendiri.

 

Penutup 

Itu tadi pembahasan mengenai daftar gaji damkar dan tunjangannya di Indonesia, seorang pemadam kebakaran selain akan mendapatkan gaji pokok mereka juga akan mendapatkan tunjangan yang mana selain tunjangan yang sudah disebutkan di atas para petugas pemadam kebakaran juga bisa saja mendapatkan tunjangan lainnya tergantung dari tempat atau wilayah kerja masing-masing.

 

Bagi kamu yang ingin berkarir menjadi seorang pemadam kebakaran tentu saja kamu harus mempersiapkan ilmunya dari sekarang, mulai dari bagaimana cara mencegah kebakaran hingga mempelajari keselamatan kerja dan bidang keilmuan lainnya.

 

Jika kamu tertarik kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan pemadam kebakaran dan profesi lainnya melalui TopKarir, dapatkan juga informasi lainnya seputar pembahasan karir dan profesi lain hanya di TipsKarir.

Komentar