Pencari Karir Pencari Kandidat

Apa Itu Management Skill? Berikut Pengertian, Jenis, dan Cara Mengembangkannya

04 Oktober 2022 15:10 2803 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Bagi kamu yang ingin sukses dalam berkarir di dunia pekerjaan tentunya kamu harus memiliki beberapa kemampuan ataupun skill terlebih dahulu yang harus dikuasai, salah satunya adalah Management Skill atau kemampuan manajerial.

 

Kemampuan ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kalian dan mungkin kalian sudah sering mendengar, namun sayangnya untuk kemampuan management  skill ini masih belum banyak orang yang memahami betapa pentingnya skill ini dalam perkembangan karir kedepannya.

 

Pengertian Management Skill

Management skill adalah salah satu skill yang merupakan sebuah kemampuan yang mengharuskan seseorang untuk bisa mengorganisir serta memimpin dan mengelola sebuah pekerjaan. management  skill harus dimiliki oleh para manajer dalam suatu organisasi ataupun perusahaan yang mana kemampuan ini berfungsi untuk bidang pemasaran, produksi hingga mengelola sumber daya manusia yang ada.

 

Kemampuan management  skill ini termasuk ke dalam jenis soft skill yang juga menjadi salah satu indikator seorang pemimpin terlihat layak atau tidaknya di mata karyawan, maka dari itu management  skill ini sangatlah penting dan kamu perlu untuk mengasah nya agar nanti karirmu bisa terus meningkat.

 

Untuk bisa menguasai management  skill ini kamu harus mengetahui terlebih dahulu Apa saja jenis-jenis management  skill yang harus kamu kuasai, bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja jenisnya kamu bisa menyimak pembahasan lebih lengkapnya sebagai berikut.

 

Jenis-Jenis Management Skill

Dalam management  skill ada beberapa jenis yang perlu kamu ketahui, yang mana dari tiap jenis management  skill ini tentunya memiliki peran serta fungsi dan kegunaannya masing-masing dalam pekerjaan kamu nantinya, Adapun untuk jenis-jenisnya yaitu.

 

Kepemimpinan

Jenis management  skill yang pertama adalah kepemimpinan, kepemimpinan atau leadership menjadi salah satu keterampilan yang masuk ke dalam jenis management  skill, kemampuan kepemimpinan ini juga termasuk keterampilan komunikasi, keterampilan interpersonal dan juga keterampilan perencanaan dan persuasi.

 

Jika kamu seorang manajer tentunya kamu harus memiliki kemampuan untuk mengarahkan karyawan dalam mencapai sebuah tujuan tertentu perusahaan, sebagai seorang pemimpin kamu harus bisa mengkoordinasikan tugas serta menyatukan tim agar nantinya pekerjaan yang dikerjakan bisa lebih terarah.

 

Contoh dari jenis management  skill kepemimpinan yaitu kemampuan kritik membangun, ketegasan, pemberdayaan, mentoring, kemampuan memotivasi orang lain dan yang terakhir bisa memanagement  hubungan antar karyawan.

 

Perencanaan

Berikutnya adalah perencanaan, jenis management  skill perencanaan berarti seorang manajer harus bisa menempatkan tujuan serta merumuskan langkah-langkah Apa selanjutnya yang perlu dilakukan oleh tim untuk mencapai tujuan perusahaan.

 

Dalam perencanaan sendiri nantinya akan meliputi beberapa tahapan mulai dari penetapan rencana strategi jangka panjang dan juga tujuan jangka pendek operasional, serta rencana dalam penganggaran.

 

Selain itu seorang manajer juga harus bisa bertanggung jawab dalam perencanaan termasuk mengembangkan rencana strategi dan taktis, menguraikan tugas, serta harus menguasai time management skill agar bisa mengatur jadwal dari karyawan dalam bekerja.

 

Komunikasi

Jenis management  skill berikutnya adalah komunikasi, kamu harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif Baik itu dengan atasan, boleh gak maupun karyawan. Jika kamu seorang manajer maka keterampilan komunikasi menjadi salah satu penentu Apakah sebuah informasi akan tersampaikan dengan baik atau tidak.

 

Dalam skill komunikasi ini juga memiliki beberapa jenis Salah satunya yaitu komunikasi verbal, non verbal dan tertulis. Komunikasi dapat mencakup sebuah kombinasi berbicara serta menerima feedback ataupun umpan balik dan juga mendengarkan secara aktif percakapan bahkan memberikan presentasi melalui software seperti PowerPoint dan Google slide.

 

Tentunya jenis management  skill komunikasi ini akan sangat membantu Jika setiap orang bisa menguasainya karena untuk mencapai sebuah tujuan perusahaan tentunya keterampilan komunikasi antara satu dengan yang lainnya harus bisa berjalan secara aktif.

 

Cara Mengembangkan Management Skill

Untuk bisa mengembangkan management  skill di atas tentunya kita harus melakukan beberapa cara, jika saat ini skill management  kamu dirasa masih kurang kamu bisa menerapkan beberapa cara di bawah ini.

 

Terus Belajar

Cara yang pertama untuk mengembangkan management  skill tentu saja kamu harus terus belajar, kamu bisa belajar beberapa jenis management  skill di atas mulai dari komunikasi, perencanaan dan juga skill kepemimpinan kamu, Hal ini berguna agar kamu bisa lebih diandalkan dalam menyelesaikan segala jenis pekerjaan.

 

Cari Dan Ambil Peluang 

Cara berikutnya adalah kamu bisa mencari dan mengambil peluang sebanyak mungkin, jika saat ini kamu masih belum dipromosikan kamu bisa mencari dan mengambil peluang kepemimpinan sekecil apapun di sekitar lingkup pekerjaan kamu.

 

Dengan cara ini kamu bisa menunjukkan kemampuan manajerial kamu kepada atasan dengan menjalankan segala pekerjaan dengan baik dan bersikap berwibawa serta bertanggung jawab dalam memimpin sebuah tim tersebut.

 

Cari Role Model Yang Bisa Kamu Jadikan Panutan

Untuk bisa mengembangkan management  skill tentu saja kamu juga harus memiliki role model yang bisa kamu jadikan panutan, Karena untuk menjadi seorang manajer yang sukses tentunya membutuhkan waktu serta pengalaman oleh karena itu dengan menemukan promo model yang bisa dijadikan menjadi seorang panutan tentunya hal ini akan membantu proses kamu dalam memahami berbagai keadaan, tantangan serta hambatan yang dilalui oleh roll model yang kamu pilih.

 

Nah itu tadi pembahasan mengenai Apa itu management skill mulai dari pengertian, jenis-jenis, dan cara mengembangkannya. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan yang harus kamu kuasai jika ingin mengembangkan karir dan memiliki jabatan yang tinggi di perusahaan.

 

Bagi kamu yang saat ini belum memiliki pekerjaan kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru dan terlengkap di TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar