KANDIDAT PERUSAHAAN

8 Tips Hindari Masalah Dengan Rekan Kerja di Kantor

14 Oktober 2022 17:10 3498 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Memiliki hubungan yang baik dengan Rekan Kerja di kantor tentunya menjadi salah satu hal yang bisa menguntungkan kita dalam bekerja, selain akan membuat suasana di kantor lebih positif dengan menjaga hubungan baik bersama rekan kerja tentunya hal ini merupakan salah satu keharusan agar tidak mempengaruhi kamu dalam bekerja di kantor.

 

Rekan kerja adalah salah satu keluarga kita di kantor oleh karena itu usahakan kamu jangan mempunyai masalah dengan rekan kerja karena tentu saja hal ini akan menghambat produktivitas kamu, meskipun masalah di kantor tentu saja selalu ada akan tetapi usahakan kamu harus bisa menghindarinya. Namun jika masalah tersebut sudah terlanjur ada dan kamu terlibat kamu bisa menyelesaikannya sesegera mungkin agar tidak menghambat pada pekerjaan. 

 

8 Tips Hindari Masalah Dengan Rekan Kerja di Kantor

Rekan kerja yang baik tentunya akan membawa pengaruh positif kepada kita dan juga suasana Kantor oleh karena itu kamu bisa menghindari masalah dengan rekan kerja ini, untuk mengantisipasi terjadinya masalah dengan kata kerja kamu bisa menyimak pembahasan kali ini mengenai 8 tips hindari masalah dengan rekan kerja di kantor. Adapun untuk tipsnya yaitu sebagai berikut.

 

Jauhi Gosip Kantor

Tips yang pertama untuk menghindari masalah dengan rekan kerja adalah usahakan kamu menjauhi gosip yang ada di kantor dan juga kamu bisa menghindari rekan kerja toxic yang akan membawa pengaruh buruk pada kamu serta bisa saja sewaktu-waktu melibatkan diri kamu dalam masalah di perusahaan. 

 

Kamu bisa memilih lingkungan yang lebih positif dan menyortir rekan kerja mana yang memang bisa mengandalkan dan memberimu support dalam bekerja, tentunya dengan berada pada lingkungan tersebut produktivitas kamu dalam bekerja akan semakin meningkat.

 

Memahami Karakter Tiap Rekan Kerja

Berikutnya adalah untuk menghindari masalah dengan rekan kerja adalah kamu harus memahami terlebih dahulu karakteristik dari setiap rekan kerja kamu yang ada di kantor, ketika kamu sudah memahami karakteristik mereka tentunya kamu bisa menempatkan sikap ketika mengobrol ataupun bekerja bersama dengan rekan kerja tersebut agar mereka tidak tersinggung.

 

Berperilaku Baik dan Sopan

Tips menghindari masalah dengan rekan kerja berikutnya adalah dengan berperilaku baik dan sopan, dengan memiliki perilaku yang baik dan sopan ketika berada di kantor tentu saja hal ini akan lebih mengurangi kamu terlibat dengan masalah. Karena biasanya Ketika seseorang memiliki perilaku baik tentunya orang lain akan memperlakukan diri kamu baik juga. 

 

Namun tidak sedikit dari rekan kerja yang meskipun kamu sudah berperilaku baik tetapi mereka masih tetap nyinyir dan Toxic sehingga memberikan kesan tidak nyaman padamu, oleh karena itu ada baiknya kamu harus menghindari rekan kerja tersebut dan lebih memilih bergaul dengan orang-orang yang kamu percaya saja di kantor.

 

Jangan Bercanda Kelewatan

Meskipun bercanda memang sangat seru dan bisa menghibur kita ketika di sela-sela pekerjaan di kantor, namun jangan sampai perilaku bercanda Ini kelewatan bahkan sampai mempercandakan fisik ataupun hal lain yang bisa menyinggung orang lain. Karena saat ini sudah banyak sekali hinaan yang dibalutkan dengan bercanda Jadi kamu harus lebih berhati-hati ketika mengobrol ataupun bercanda dengan orang lain apalagi ketika kamu belum mengetahui seperti apa karakteristik mereka.

 

Menjadi Pendengar Yang Baik

Tips berikutnya adalah menjadi pendengar yang baik, dengan menjadi seorang pendengar yang baik dan bisa mendengarkan keluh kesah dari rekan kerja kamu di kantor tentunya hal ini bisa menghindari kamu dari masalah dengan rekan kerja. Biasanya orang yang menjadi pendengar yang baik akan lebih dipercaya dan juga orang tersebut bisa menjadi pilihan Ketika seseorang memberikan atau ingin menceritakan sesuatu yang penting.

 

Agendakan Kegiatan Untuk Mempererat Hubungan

Untuk bisa menghindari masalah dengan rekan kerja tips berikutnya adalah kamu bisa mengagendakan kegiatan untuk mempererat hubungan sesama rekan kerja, contohnya adalah kamu bisa mengikuti kegiatan olahraga seperti futsal bersama. Atau bila kamu memang tidak suka olahraga kamu bisa menggandakan atau membuat kegiatan lain bersama mereka contohnya pergi kemping ataupun liburan ke tempat yang belum pernah kamu datangi bersama mereka.

 

Jaga Komunikasi

Tips selanjutnya adalah tetap menjaga komunikasi, supaya masalah bersama rekan kerja bisa kamu hindari usahakan kamu harus tetap menjaga komunikasi meskipun kamu sedang tidak berada di kantor, contohnya ketika kamu dan rekan kerja bekerja wfh kamu bisa saling mengirimkan pesan dan menanyakan kabar satu sama lain.

 

Meskipun terlihat sepele hal ini tentunya akan berdampak pada hubungan kamu yang akan menjadi lebih baik dengan rekan kerja kamu di kantor tersebut, contohnya setiap kali ingin memulai pekerjaan kamu bisa menyapa teman kantor kamu terlebih dahulu melalui pesan singkat baik itu melalui WhatsApp ataupun SMS.

 

Saling Membantu Dalam Pekerjaan

Tips menghindari masalah dengan rekan kerja terakhir adalah kamu bisa saling membantu dalam pekerjaan, dengan saling membantu dalam hal pekerjaan tentu saja hal ini akan mempererat hubungan kamu dengan rekan kerja, selain pekerjaan bisa selesai lebih cepat karena kamu dan rekan kerja saling membantu untuk menyelesaikannya tentunya ada banyak manfaat lain ketika kamu saling membantu ini.

 

Salah satunya adalah tentu akan membangun positive vibes yang ada di kantor sehingga bisa saja akan kerja yang lain akan meniru sikap saling membantu kamu dalam pekerjaan.

 

Itu tadi pembahasan mengenai 8 Tips menghindari masalah dengan rekan kerja di kantor, semoga beberapa tips yang sudah diberikan di atas bisa membantu hubungan kamu bersama rekan kerja serta bisa menurunkan peluang kamu untuk memiliki masalah bersama rekan kerja di kantor.

 

Bagi kamu yang saat ini belum memiliki pekerjaan ataupun baru lulus kuliah Kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru dan terlengkap melalui TopKarir, selain mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan kamu juga akan mendapatkan informasi terbaru mengenai tips karir serta pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar