KANDIDAT PERUSAHAAN

7 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Surat Lamaran Kerja

13 Oktober 2022 15:10 34630 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

Surat Lamaran Kerja menjadi salah satu bagian yang sangat penting ketika kamu akan melamar kerja ke suatu perusahaan, dengan menggunakan surat lamaran kerja ini kamu bisa memperkenalkan diri secara lebih detail kepada perusahaan yang akan kamu lama. Maka tidak heran surat ini menjadi salah satu penentu awal Apakah resume dan juga CV yang sudah kamu kirim layak untuk dilanjutkan pada proses perekrutan berikutnya atau tidak.

 

Dalam membuat surat lamaran kerja ada banyak sekali yang harus diperhatikan agar bisa lebih unggul daripada kandidat lainnya, salah satunya adalah dalam segi penulisan surat apakah sudah benar ataupun belum. Tidak hanya itu kamu juga harus memperhatikan Bagaimana cara penyampaian agar ketika kamu menulis surat lamaran kerja tidak terkesan terlalu dibuat-buat.

 

Adapun untuk surat lamaran kerja adalah sebuah dokumen tertulis yang dikirimkan bersama CV dan juga resume ke perusahaan untuk melamar kerja, surat ini merupakan salah satu tanda pengenal dari pelamar kerja yang mana dokumen yang dikirimkan akan menjelaskan mengenai ketertarikan kamu sebagai seorang kandidat terhadap posisi yang kamu lama di suatu perusahaan. Untuk bisa membuat surat lamaran kerja yang baik kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini.

 

7 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Surat Lamaran Kerja

surat lamaran kerja yang baik dan benar dibuat dengan memperhatikan beberapa hal yang tentunya akan membuat surat lamaran yang sudah dibuat lebih terlihat profesional dan akan membuat HRD tertarik untuk membacanya serta merekrutmu dalam pekerjaan yang kamu lamar, Adapun untuk beberapa halnya yaitu:

 

Memberi Kesan Baik Pada Awal Surat

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika membuat surat lamaran kerja adalah saat kamu menulis surat tersebut kamu harus memberi kesan yang baik pada awal surat, meskipun kesan pertama memang bukan segalanya akan tetapi hal ini sangat penting dalam dunia kerja.

 

Hal ini karena ketika kamu melamar puisi tersebut tentu saja bukan hanya kamu yang melamar jadi dengan memberikan kesan pertama yang baik akan menjadi salah satu senjata yang ampuh untuk bersaing dengan kandidat lain. Kamu bisa pastikan sudah membuat surat dengan memberi kesan pertama yang baik dan juga kamu bisa menghindari kesalahan dalam mengetik nama perusahaan maupun manajer HRD yang memeriksa lamaran kamu.

 

Hindari Komentar Negatif Pada Mantan Perusahaan 

Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah kamu bisa menghindari komitmen negatif pada mantan perusahaan kamu sebelumnya, meskipun kamu memiliki pengalaman yang tidak baik atau menyenangkan di tempat kerja sebelumnya akan tetapi jangan sampai kamu menceritakan pengalaman tersebut pada surat lamaran pekerjaan.

 

Dalam menulis surat lamaran pekerjaan kamu cukup fokus pada perusahaan yang melamar serta kamu harus menghindari untuk menjelekkan tempat kerja lama kamu baik itu perusahaannya atau atasan kamu sebelumnya.

 

Tuliskan Kontribusi yang Sudah di Berikan Pada Pekerjaan Sebelumnya

Selanjutnya adalah kamu bisa menuliskan kontribusi yang sudah kamu berikan pada pekerjaanmu sebelumnya, daripada kamu menuliskan Apa yang ingin kamu dapatkan lebih baik kamu bisa mencantumkan apa saja yang sudah kamu berikan serta kontribusi apa yang sudah kamu berikan pada perusahaan sebelumnya, hal ini karena kamu bisa menunjukkan kontribusi kamu kepada perusahaan yang akan kamu lama dan memberikan kesan positif bagi mereka.

 

Dengan mencantumkan kontribusi yang sudah diberikan pada pekerjaan yang lalu tentu saja perusahaan akan memberikan perhatian yang lebih kepada kamu karena dinilai menjadi salah satu kandidat yang berpotensi untuk memberikan kontribusi yang sama pada perusahaan yang kamu lamar.

 

Cantumkan Kemampuan Atau Skill yang Dikuasai

Hal berikutnya adalah kamu bisa mencantumkan kemampuan atau skill yang dikuasai, mencantumkan skill atau kemampuan menjadi salah satu hal yang wajib dan perlu dimasukkan pada surat lamaran pekerjaan. Mengingat surat lamaran pekerjaan adalah salah satu cara untuk menarik perhatian perekrut untuk bisa membaca resume dan juga CV kamu.

 

Dengan mencantumkan berbagai skill serta kemampuan tentu saja hal ini akan membuat kamu lebih unggul dibandingkan dengan pelamar yang lain, namun hal yang perlu kamu ingat adalah kamu harus menuliskan keunggulan ataupun skill kamu dengan jujur dan jangan melebih-lebihkan kemampuan yang kamu miliki.

 

Tulis Surat Lamaran Kerja Dengan Detail Tapi Tidak Berlebihan

Selanjutnya adalah kamu bisa menulis surat lamaran kerja dengan detail akan tetapi jangan berlebihan, dalam menulis surat lamaran pekerjaan panjang satu paragraf cukup dengan 3 sampai 4 kalimat saja kamu bisa menghindari menaruh detail pengalaman yang kurang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

 

Kamu bisa membuat penjelasan dalam surat lamaran pekerjaan dengan singkat padat dan jelas, Hal ini karena perekrut tentunya tidak memiliki waktu yang banyak untuk membaca surat lamaran kerja yang bertele-tele dan bahkan memakan banyak waktu mereka. Dalam penulisan Kamu juga jangan sampai menulis kalimat dengan rumit karena saat surat lamaran pekerjaan kamu susah dimengerti dan dibaca oleh perekrut tentunya mereka tidak akan sampai untuk membacanya.

 

Kalau Bisa Pakai Bahasa Inggris

Hal yang harus kamu perhatikan berikutnya adalah kalau bisa dan memungkinkan kamu bisa membuat surat lamaran kerja dengan menggunakan bahasa Inggris, dengan menulis surat lamaran kerja memakai bahasa Inggris tentunya hal ini menjadi salah satu nilai plus. Selain kamu bisa menunjukkan keterampilan dalam berbahasa Inggris secara langsung peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan pun akan menjadi semakin tinggi.

 

Dengan memiliki skill dan kemampuan bahasa Inggris tentunya kamu bisa bekerja tidak hanya di Indonesia saja akan tetapi juga di luar negeri, Hal ini karena ada banyak sekali perusahaan yang menilai tinggi keterampilan berbahasa Inggris dan jika kamu tidak yakin dengan kemampuan bahasa Inggris kamu kamu bisa menggunakan alat pengecek grammar untuk membuat buat surat lamaran kerja agar tidak salah dalam penulisan.

 

Tuliskan Ucapan Terima Kasih 

Hal terakhir adalah kamu bisa menuliskan ucapan terima kasih pada perekrut, dengan menuliskan ucapan terima kasih ini tentunya akan memberikan dampak positif terutama bagi perekrut yang sudah membaca surat lamaran kerja kamu. Dan tidak hanya itu dengan menuliskan ini kamu akan dinilai positif karena memiliki kepribadian yang sopan di mata perekrut.

 

Itu tadi pembahasan mengenai 7 hal yang perlu diperhatikan ketika membuat surat lamaran kerja, bagi kamu yang saat ini masih bingung dalam membuat surat lamaran kerja kamu bisa mengikuti beberapa hal di atas agar surat lamaran kerja kamu bisa lebih baik dibandingkan dengan yang lain.

 

Saat kamu sudah memiliki surat lamaran kerja dan siap untuk melamar pekerjaan, langkah berikutnya kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru dan terlengkap di TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar