Pencari Karir Pencari Kandidat

6 Cara Lancar Public Speaking Bagi Kamu Yang Pemalu

23 Agustus 2022 13:08 1509 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Kemampuan public speaking merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dan juga berguna bagi setiap orang baik itu ketika bekerja ataupun sedang menempuh pendidikan, bagi kamu yang memiliki kemampuan public speaking ini tentunya akan bisa diuntungkan baik itu dalam bekerja ataupun dalam hal lain.

 

Akan tetapi bagi kamu yang pemalu tentunya untuk bisa lancar dalam melakukan public speaking ini sangatlah sulit, karena bagi orang pemalu seperti kamu biasanya untuk bisa melakukan public speaking dan tampil di depan umum merupakan sesuatu yang susah.

 

Bagi kamu yang ingin belajar mengenai public speaking ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu public speaking, public speaking adalah sebuah cara komunikasi untuk menyampaikan pesan atau pun informasi di depan umum atau sekelompok orang, Adapun untuk tujuannya sendiri public speaking bertujuan untuk bisa menyampaikan berbagai informasi, menghibur orang, ataupun mengajak dan mempengaruhi orang untuk mengikuti apa yang kamu bicarakan.

 

Kunci sukses untuk melakukan public speaking ini bukan hanya soal berani tampil di depan umum akan tetapi juga Bagaimana kamu bisa menyampaikan ide dan juga pikiranmu secara verbal maupun nonverbal pada audiens, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa lancar public speaking meskipun kamu pemalu, untuk beberapa caranya kamu bisa menyimak pada pembahasan di bawah.

 

6 Cara Lancar Public Speaking Bagi Kamu Yang Pemalu

Tenang dan Jangan Langsung Berbicara 

cara lancar public speaking yang pertama bagi kamu yang pemalu adalah kamu harus bisa tenang dan juga jangan langsung berbicara ketika melakukan public speaking, saat nama kamu disebut untuk mulai melakukan public speaking dan kakimu mulai melangkah di hadapan para audiens ada baiknya kamu jangan langsung berbicara melainkan coba diam sejenak untuk tarik nafas dan berdiam sebelum nantinya mulai berbicara kepada audiens.

 

Mungkin ketika kamu melakukan hal ini akan membuat suasana lebih hening dan tenang dan justru kamu bisa mengontrol diri kamu dan menyapa penonton dengan tegas serta menunjukkan kesan bahwa kamu percaya diri dan menguasai situasi di sana.

 

Jaga Kontak Mata dengan Audience

Cara berikutnya adalah dengan menjaga kontak mata dengan audiens, untuk mengurangi rasa malu kamu ketika berhadapan dengan audiens di panggung kamu kamu bisa mengatasinya dengan menjaga kontak mata dengan para audience, di sini kamu bisa melihat satu persatu audiens dan menjaga kontak mata dengan mereka. 

 

Namun jika kamu malu dan belum terbiasa untuk bisa memandang audience tepat di mata mereka coba alihkan pandanganmu ke bagian lain contohnya seperti batang hidung ataupun dahi mereka lalu usahakan agar pandanganmu tidak terus-menerus beralih. 

 

Siapkan Materi Public Speaking

Cara selanjutnya adalah dengan menyiapkan materi public speaking, sebelum kamu memulai melakukan public speaking dan menyampaikan apa yang akan kamu sampaikan kepada audiens ada baiknya kamu harus mempersiapkan materi yang akan kamu sampaikan terlebih dahulu. Saat kita memiliki materi untuk dibicarakan Ketika nanti melakukan public speaking tentunya hal ini akan sangat membantu kita karena arah pembicaraan kita akan jelas dan terukur. 

 

Bicara Perlahan Dan Tidak Tergesa-Gesa

Bagi mereka yang pemalu tentu saja ketika melakukan public speaking biasanya mereka akan gugup dan berbicara terlalu cepat serta melewatkan poin-poin penting yang akan disampaikan, cara agar hal itu tidak terjadi maka ada baiknya kamu harus bisa mengontrol nada bicara kamu secara perlahan dan tidak tergesa-gesa agar setiap poin yang akan kamu sampaikan informasinya bisa dicerna oleh audiens.

 

Sebelum memulai public speaking kamu bisa melatih diri kamu untuk berbicara perlahan dengan artikulasi yang jelas, di sini kamu bisa melakukan teknik Berhenti sejenak untuk menarik nafas Jika kamu terlalu gugup kemudian bisa melanjutkan kembali presentasi kamu dan menyampaikan kepada audience secara perlahan.

 

Fokus untuk Menyampaikan

Dengan melakukan public speaking artinya kamu akan menyampaikan berbagai informasi kepada audiens, saat kamu melakukan public speaking kamu harus fokus untuk menyampaikan informasi yang sudah kamu siapkan dan jangan hiraukan distraksi ataupun gangguan dari yang lain yang menyebabkan beberapa poin materi public speaking kamu tidak tersampaikan.

 

Usahakan ketika melakukan public speaking kamu harus memiliki niat untuk memberikan ilmu dan juga inspirasi kepada para audiens bukan hanya berbicara demi mendapatkan ketenaran atau pun sorotan dari mereka.

 

Jangan Pedulikan Para Haters

Cara yang terakhir untuk lancar melakukan public speaking bagi kamu yang pemalu adalah jangan pedulikan para haters, satu hal yang pasti yang harus kamu ketahui ketika kamu melakukan public speaking adalah tentu saja ada sebagian orang yang tidak suka dengan materi yang kamu sampaikan atau pun kamu bawakan jadi pastikan kamu jangan memperdulikan mereka dan melanjutkan pembahasan serta menyampaikan informasi kepada mereka yang fokus mendengarkan.

 

Tidak perlu menghiraukan kritik yang tidak membangun dan fokuslah pada mereka yang mendukung kamu agar kamu bisa lebih percaya diri dan juga bisa melatih agar kamu lebih berani dan tidak malu lagi saat melakukan public speaking.

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kami sampaikan untuk kamu yang ingin lancar melakukan public speaking meskipun kamu orang yang pemalu, supaya bisa menguasai skill public speaking ini di depan umum dengan lebih baik tentunya kamu harus sering berlatih, karena segala sesuatu tentunya tidak instan.

 

Bagi kamu yang sudah menguasai public speaking dan ingin mencari lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan skill yang kamu miliki, kamu bisa mengunjungi TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya mengenai tips karir dan juga seputar pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar