Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Tantangan Bekerja Freelance yang Tidak Diketahui Freelancer Pemula

07 November 2022 08:11 1260 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

 

Terkadang dalam bekerja freelance kita akan menemui beberapa tantangan, yang tentunya akan membuat perjalanan dalam mengerjakan projects menjadi terganggu.

 

Meskipun saat bekerja freelance kita bebas mengerjakan project dimana saja asalkan selesai, Namun dalam fakta nya pengerjaan project freelance dari client tentu akan ada beberapa kesulitan yang kamu rasakan dalam penyelesaian.

 

Bagi kamu para freelancer pemula mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan tersebut tentunya wajib dilakukan, agar pengerjaan project freelance bisa selesai sebagai mestinya dan tepat waktu sesuai dengan perjanjian.

 

Oleh karena itu, mari kenali beberapa tantangan dalam bekerja freelance agar kamu sebagai freelancer pemula bisa terhindar dari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu.

 

Tanpa basa-basi lagi, mari simak pembahasan lebih lengkapnya dibawah ini hingga akhir!

 

5 Tantangan Bekerja Freelance yang Tidak Diketahui Freelancer Pemula 

Sebagai freelancer pemula tentu kamu nantinya akan menghadapi beberapa tantangan ini, jadi untuk berjaga-jaga dan supaya kamu tidak kaget nantinya, kamu bisa menyimak beberapa tantangannya berikut ini:

 

Negosiasi Tidak Menemukan Titik Temu

Tantangan pertama yang biasanya tidak diketahui oleh para freelancer pemula adalah pada saat melakukan negosiasi.

 

Jika kamu merasa pada proses negosiasi akan berjalan mulus maka perkiraan kamu salah, karena tidak sedikit dari client yang pada saat melakukan negosiasi dengan kita, baik itu saat negosiasi harga jasa freelance atau membicarakan brief pekerjaan. Malah tidak menemukan titik temu.

 

Tentunya hal ini merupakan tantangan tersendiri, terutama bagi kamu para freelancer pemula. jadi saat kamu melakukan proses negosiasi usahakan bisa membuat client tertarik untuk menyewa jasamu serta tidak keberatan dengan harga yang kamu tawarkan dalam jasa.

 

Tantangan lain dalam negosiasi adalah ketika kamu mendapatkan client dari luar negeri yang notabene culture dan bahasa tentu berbeda dengan kita.

 

Namun kamu tidak perlu khawatir, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa membaca postingan kami berikut ini tentang Tips Negosiasi dengan Client Luar Negeri.

 

Client Meminta Terlalu Banyak Revisi

Biasanya hal yang paling tidak disukai dalam dunia freelance adalah ketika menemukan client yang meminta terlalu banyak revisi.

 

Kamu bisa bayangkan ketika client selalu meminta perubahan terhadap projects yang sedang berjalan, meskipun dalam projects brief yang diberikan sudah jelas namun biasanya client ketika pekerjaan sudah selesai sesuai brief yang diminta malah meminta berubah.

 

Hal ini tentunya merupakan salah satu tantangan yang mungkin sebagian besar dari freelancer pemula belum mengetahui atau merasakannya.

 

Oleh karena itu untuk menghindari client terlalu banyak meminta revisi maka, kamu bisa menentukan batas Revisi dalam pengerjaan project. Hal ini juga bertujuan agar pengerjaan project akan selesai sesuai dengan batas waktu yang sudah disepakati bersama.

 

Namun, jika memang client meminta revisi diatas batas maksimal maka kamu bisa mematok harga atas revisi yang kamu kerjakan.

 

Pembatalan Jasa Ditengah Pengerjaan

Hal yang saat tidak lucu seperti pembatalan projects tentunya menjadi salah satu tantangan yang mungkin harus dihadapi para freelance pemula.

 

Ada sebagian kasus dalam freelance yang mana client membatalkan project yang mereka beri meskipun sudah kita kerjakan, hal ini tentunya akan merugikan kita sebagai freelancer karena telah mengorbankan waktu dan tenaga dalam mengerjakan projects yang berhasil nol besar karena di cancel.

 

Untuk bisa menghindari hal yang tidak diinginkan ini, kamu bisa meminimalisir nya dengan cara sebelum kamu mengerjakan projects dari client, kamu bisa meminta uang dp terlebih dulu.

 

Agar nantinya jika sewaktu-waktu projects dihentikan, kamu tidak terlalu rugi dalam mengerjakan project mereka.

 

Sebenarnya ada beberapa alasan yang mendasari pembatalan projects tersebut, biasanya ada beberapa faktor yaitu :

 

  • Projects tidak mendapatkan dukungan dana 
  • Perubahan ekosistem Project yang terlalu banyak
  • Mendapatkan freelancer yang memberikan harga lebih murah dan dirasa lebih cocok
  • Projects bisa dikerjakan sendiri oleh client

Diberi Feedback Buruk 

Tantangan bekerja freelance yang mungkin tidak diketahui oleh freelancer pemula adalah diberi Feedback buruk oleh client.

 

Meskipun kamu sudah merasa dalam mengerjakan projects sudah sesuai dengan brief yang diberikan, Namun tidak menutup kemungkinan dalam hasil yang sudah diberikan malah mendapat feedback yang buruk.

 

Tentunya hal ini merupakan hal yang tidak bisa dianggap enteng, karena ketika jasa freelancer kita dianggap buruk meskipun kita sudah mengerjakan Sesuai dengan yang diminta, maka nama baik dan reputasi kita sebagai freelancer akan tercemar dan dipandang buruk oleh orang.

 

Jika demikian tentunya akan berpengaruh pada omset kita dalam bekerja freelance karena client tidak akan memesan jasa yang kita sediakan karena mendengar kabar bahwa kamu merupakan freelance yang buruk.

 

Oleh karena itu, jika kamu berhadapan dengan client seperti itu kamu bisa mengumpulkan bukti bahwa pekerjaan yang sudah kamu kerjakan sesuai dengan apa yang diminta.

 

Brief Yang Diberikan Tidak Jelas 

Tantangan terakhir adalah diberikan brief yang tidak jelas, seperti yang kita tahu bahwa dalam pengerjaan project freelance brief merupakan jantung utama agar pekerjaan sesuai dengan apa yang diminta.

 

Namun terkadang ada juga sebagian dari client yang memberikan brief tidak jelas dan kurang lengkap. Jika kamu mendapatkan client seperti ini maka kamu bisa berdiskusi lebih dalam mengenai projects apa yang akan dikerjakan.

 

Baru setelah menemukan titik temu kamu bisa mulai mengerjakan projects nya sesuai dengan brief serta hasil dari diskusi kamu dengan client.

 

Nah, itulah pembahasan mengenai 5 tantangan bekerja freelance yang tidak diketahui freelancer pemula, semoga beberapa poin pembahasan diatas bisa memberikan ilmu dan manfaat bagi para freelancer baru yang baru terjun dalam dunia freelance.

 

Jika kamu salah satu freelancer pemula dan belum mendapatkan projects, kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan freelance melalui TopKarir. Disini kamu juga akan mendapatkan berbagai informasi menarik seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar