Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Tahapan Interview Kerja yang Ada di Perusahaan Indonesia

22 Agustus 2022 10:08 1887 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Jika kita bicara mengenai interview kerja bisa dibilang dari setiap perusahaan memiliki kebijakan dan juga kulturnya masing-masing, kita sebagai pelamar kerja mungkin akan menemui beberapa proses interview yang berbeda-beda ketika berada di lapangan.

 

Namun ada beberapa tahapan yang selalu ada dalam proses rekrutmen karyawan baru dan juga ada beberapa jenis interview yang mungkin hanya dilalui ketika berada pada kondisi tertentu ataupun khusus, dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan kamu informasi mengenai tahapan interview kerja yang ada di perusahaan Indonesia.

 

Bagi kamu yang nantinya akan melamar pekerjaan ada baiknya kamu harus mengetahui apa saja tahapannya di bawah ini.

 

5 Tahapan Interview Kerja di Perusahaan Indonesia

Dalam tahapan interview kerja setidaknya ada 5 tahapan interview kerja yang akan kamu temui saat melamar pekerjaan dan mengikuti proses interview di perusahaan Indonesia, pada saat melakukan proses interview biasanya ada yang hanya mengikuti tahapan interview saja, namun ada juga dari kandidat yang berkesempatan untuk mengikuti seluruh proses interview dari awal sampai akhir.

 

Hal yang perlu digaris bawahi bahwa keberadaan dari masing-masing tahapan interview ini sangatlah tergantung dengan kebijakan dan juga kultur perusahaan yang melakukan proses interview tersebut, namun untuk tahapan interview yang biasanya sering ada di perusahaan Indonesia adalah beberapa tahapan sebagai berikut.

 

Screening

Tahap Interview Kerja yang pertama adalah proses screening, proses ini dilakukan untuk menyaring kandidat mana saja yang cocok untuk mengisi posisi yang mereka cari, untuk melakukan proses greening ini biasanya cukup Umum dilakukan di Indonesia dengan melihat resume, CV, portfolio, dan juga melihat profil kamu.

 

Namun ada juga beberapa perusahaan yang menyempatkan waktu untuk bisa melakukan proses screening secara langsung, biasanya proses tersebut bisa melalui sambungan telepon ataupun video call yang durasinya tidak terlalu panjang hanya 5 sampai 15 menit saja. Apabila nantinya kamu dinilai baik oleh HRD dan juga sesuai dengan kebutuhan mereka maka Tim rekruter akan mengundang kamu untuk mengikuti proses interview selanjutnya.

 

Interview HRD

Setelah kamu mengikuti proses screening dan dinyatakan lolos maka tahapan berikutnya yang akan kamu lalui adalah interview HRD, tujuan dari interview ini biasanya untuk mengetahui skill dan juga pengalaman yang dimiliki oleh kamu nantinya HRD akan menyelaraskan Apakah skill dan juga pengalaman kamu sebagai pelamar kerja sudah mendukung untuk posisi yang ditawarkan atau tidak.

 

Dan juga pada proses interview ini kamu akan digali lebih dalam mengenai seberapa cocok kamu untuk membaur dan juga mengetahui kultur dari perusahaan. Untuk rundown dari interview HRD ini biasanya ada beberapa tahap yaitu:

 

  • Perkenalan

Pada tahap awal kamu akan memperkenalkan diri kepada HRD juga sebaliknya kemudian selanjutnya nanti kamu akan dipersilakan untuk menceritakan latar belakang dan juga pengalaman kerja kamu.

 

  • Pertanyaan dari HRD

Setelah sesi perkenalan selesai maka berikutnya biasanya HRD akan mencoba untuk menggali lebih dalam mengenai latar belakang kamu serta aspek-aspek lain yang dinilai penting.

 

  • Pertanyaan dari Pelamar

Setelah sesi pertanyaan dari HRD sudah selesai dan sudah kamu jawab maka berikutnya adalah sesi pertanyaan dari kamu kepada HRD, kamu bisa menggali informasi lebih dalam baik itu mengenai job desk nantinya ataupun mengenai perusahaan. Jadi usahakan untuk memanfaatkan momen sesi pertanyaan ini agar lebih maksimal.

 

Interview User

Tahapan Interview Kerja selanjutnya adalah interview user, pada tahap interview ini nantinya kamu akan dipertemukan dengan supervisor ataupun manajer dari divisi posisi yang kamu lamar, pada tape tapi ini user akan mencoba untuk menggali Lebih detail dan juga spesifik mengenai skill serta kemampuan kamu dalam bekerja.

 

Biasanya juga tidak sedikit akan ada sejumlah pertanyaan yang bersinggungan langsung dengan aspek teknis dan juga kadang ada beberapa user yang memberikan studi kasus ataupun tes kemampuan dari sesi interview user ini, user juga akan memberikan penilaian Apakah kamu bisa bekerja dengan baik ataupun tidak ketika nantinya masuk menjadi karyawan baru di lingkungan perusahaan mereka.

 

Interview Oleh Jajaran Direksi

Tahap interview selanjutnya adalah interview oleh jajaran direksi, Jika kamu melamar pada posisi tertentu contohnya seperti senior staf ataupun supervisor dan juga posisi yang lebih tinggi biasanya kamu akan mengikuti kesempatan untuk di interview oleh jajaran direksi.

 

Pada tahap interview ini akan dilakukan oleh perusahaan dari jajaran direksi ataupun juga komisaris yang menaruh konsen tinggi dalam urusan perekrutan karena posisi yang dilamar adalah posisi khusus yang jabatannya tinggi. Pada tahap ini kamu akan diminta untuk menceritakan Bagaimana kamu akan menjalani pekerjaanmu sehari-hari apabila nantinya diterima pada perusahaan.

 

Tidak hanya itu pada tahap interview oleh jajaran direksi ini juga interviewer akan mencoba menggali kesiapan kamu ketika nantinya terjun pada kultur perusahaan baru.

 

Pengambilan Keputusan

Tahapan yang terakhir adalah tahap pengambilan keputusan, setelah rangkaian interview dan juga tes setelah kamu ikuti maka tahapan terakhir pada interview di beberapa perusahaan Indonesia adalah pengambilan keputusan. Di sini nantinya apabila kamu sudah memenuhi syarat maka kamu akan diminta untuk melakukan medical check up.

 

Namun ada juga beberapa perusahaan yang langsung melanjutkan sesi pada pemberian offering kontrak kerja, pada saat melakukan offering beberapa perusahaan ada juga yang mengajukan penawaran baik itu melalui lisan ataupun melalui tulisan.

 

Pada tahapan terakhir ini akan lebih baik jika kamu memilih untuk melakukan negosiasi dan juga membuat kesepakatan melalui tulisan agar nantinya hasil dari negosiasi ataupun kesepakatan tersebut bisa menjadi pedoman hak dan juga kewajiban kamu ketika mulai bekerja.

 

Itulah tadi beberapa tahapan interview kerja yang ada di perusahaan Indonesia, dari beberapa sesi interview yang sudah disebutkan di atas biasanya semua tahap tersebut berperan sangat penting dalam perjalanan kamu untuk mendapatkan pekerjaan jadi usahakan ketika mengikuti tahapan tersebut kamu harus mempersiapkannya semaksimal mungkin.

 

Bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan kamu bisa mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan impian kamu pada website TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya mengenai tips karir hanya di TipsKarir.

 

Komentar