KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Rekomendasi Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan Pada Metaverse

14 Oktober 2022 09:10 3727 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Metaverse menjadi salah satu terobosan yang luar biasa dalam kehidupan manusia, yang mana dalam metaverse akan menggabungkan teknologi virtual reality, augment reality serta cryptocurrency untuk menciptakan sebuah dunia baru secara virtual.

 

Adapun untuk ranah pekerjaannya sendiri saat ini sudah banyak pekerjaan yang dibutuhkan untuk membangun metaverse ini, nantinya ketika kita masuk dalam dunia metaverse kita bisa menghilangkan batasan-batasan fisik yang akan menghalangi ketika berkomunikasi langsung bersama rekan kerja, misalnya ketika kamu tidak bisa bekerja di kantor karena pandemi hal tersebut masih bisa berjalan karena dengan metaverse kamu akan tetap bisa bekerja serta berdiskusi langsung bersama rekan kerja di kantor secara virtual.

 

Apa Itu Metaverse?

Metaverse adalah internet yang disuguhkan dalam bentuk 3D, yang mana istilah ini digunakan oleh salah satu platform media sosial yang paling terkenal di dunia yaitu Facebook, karena memiliki konsep yang revolusioner metaverse disebut-sebut sebagai masa depan teknologi. Tidak hanya pada industri pekerjaan akan tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari Hal ini karena dalam kehidupan kita saat ini sudah banyak tergantung pada teknologi.

 

Untuk bisa mengikuti trend metaverse ini kamu bisa melamar dan bekerja dalam bidang yang akan menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan di metaverse, untung beberapa rekomendasi pekerjaannya kamu bisa menyimaknya pada pembahasan di bawah.

 

5 Rekomendasi Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan Pada Metaverse

Metaverse indonesia saat ini tidak kalah berkembangnya dengan metaverse di luar negeri, contohnya seperti di Indonesia sendiri sudah mengeluarkan berbagai jenis dunia metaverse yang dikembangkan oleh beberapa perusahaan, contohnya seperti Nanobyte. Jika kamu ingin bekerja dalam dunia metaverse kamu bisa mempertimbangkan untuk melamar pekerjaan pada posisi berikut ini.

 

Metaverse Planner

Rekomendasi pekerjaan yang pertama yang banyak dibutuhkan pada metaverse adalah sebagai metaverse planner, pekerjaan ini akan mengharuskan kamu merancang sebuah konsep dari metaverse sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan ataupun bisnis tertentu. Untuk bisa menjadi seorang metaverse planner kamu harus memiliki keterampilan software Engineer dan pemasaran digital karena kemampuan tersebut akan membantu kamu untuk menjadi seorang metaverse planner.

 

Dengan memiliki keterampilan tersebut kamu bisa menganalisis minat pasar serta kamu juga bisa mendesain sistem yang akan memfasilitasi minat tersebut dan menjadikan kamu kandidat menarik di mata perusahaan yang sedang mencari seseorang dengan posisi metaverse planner.

 

Metaverse Storyteller

Berikutnya adalah pekerjaan sebagai metaverse story teller, dalam pekerjaan ini kamu akan diminta untuk merancang berbagai skenario yang ada di dalam dunia metaverse yang dikembangkan oleh perusahaan kamu, misalnya kamu akan membuat skenario pelatihan keterampilan kerja atau Membuat strategi pemasaran yang dikemas dalam bentuk narasi, tidaknya itu kamu juga akan bertugas untuk membuat skenario menjelajahi metaverse tersebut.

 

Untuk bisa melamar pada pekerjaan ini kamu harus memiliki keterampilan dalam berbahasa serta tingkat pemahaman kamu terhadap sastra harus tinggi, karena hal tersebut akan disukai oleh perekrut kerja yang sedang mencari kandidat pada pekerjaan sebagai metaverse story teller.

 

Construction Engineering

Rekomendasi pekerjaan berikutnya adalah sebagai construction Engineer, seperti apa kita ketahui bahwa metaverse memiliki konsep hidup dalam dunia maya tentunya desain dari dunia yang ada pada metaverse ini harus memiliki fasilitas untuk user. Contohnya seperti menyediakan lingkungan tempat user bekerja serta merancang konstruksi bangunan-bangunan yang ada pada dunia tersebut.

 

Misalnya membuat sebuah gedung kantor tempat jurusan bekerja, membuat rumah, hingga membuat lingkungan yang ada pada dunia sekitar user. Meskipun pekerjaan ini tergolong masuk ke bidang arsitektur akan tetapi kandidat yang menekuni bidang animasi 3D juga akan sangat bisa menjadi Seorang construction Engineer.

 

Desainer Fashion VR

Pekerjaan berikutnya adalah sebagai Desainer fashion VR, selain desain lingkungan di sekitar user tentunya kita juga memerlukan kualitas desain Avatar yang ada pada dunia metaverse tersebut. Dengan memiliki desain Avatar yang menarik tentunya hal ini akan sangat berpengaruh terhadap minat serta kenyamanan user saat berada pada dunia metaverse.

 

Ketika Avatar memiliki tampilan yang menarik tentu saja hal ini akan membuat user lebih hidup ketika berada di sana, oleh karena itu designer fashion VR ini sangatlah menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan pada metaverse. Untuk bisa bekerja dalam bidang ini kamu harus memiliki keterampilan dalam tata busana.

 

Cyber Security

Rekomendasi pekerjaan yang terakhir yang banyak dibutuhkan pada metaverse adalah sebagai cyber security, menjadi seorang cyber security menjadi salah satu peran yang penting dan akan membuat dunia metaverse aman. Metaverse tentunya sangat bergantung pada cyber security ini karena jika sebuah perusahaan ingin mengimplementasikan konsep rancangan mereka pada metaverse tentunya hal ini akan membutuhkan keamanan karena akan melibatkan penyimpanan data-data penting perusahaan.

 

Oleh karena itu seorang cyber security sangatlah dibutuhkan agar data-data penting yang ada pada perusahaan tetap terjaga keamanannya ketika diimplementasikan pada dunia metaverse.

 

Metaverse menjadi salah satu terobosan yang akan sangat membantu kita dalam bekerja ataupun dalam bidang lainnya, namun dunia ini saat ini masih dalam proses pengembangan oleh beberapa perusahaan besar di dunia Jadi bagi kamu yang ingin mencoba untuk masuk pada dunia metaverse kamu harus menunggu sebentar lagi untuk merasakannya.

 

Nah itu tadi pembahasan mengenai 5 rekomendasi pekerjaan yang banyak dibutuhkan pada metaverse, bagi kamu yang sudah memiliki impian untuk bekerja dalam metaverse kamu bisa mempelajari beberapa bidang pekerjaan yang sudah disebutkan diatas tadi, dan ketika sudah menguasainya kamu bisa melamar pada beberapa pekerjaan yang sudah menyediakan serta membuat dunia metaverse baik itu di Indonesia atau bahkan di luar negeri.

 

Bagi kamu yang ingin mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan, kamu bisa mengunjungi TopKarir, selain mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar