KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Rekomendasi Kegiatan Memperingati Hari Sumpah Pemuda di Kantor

18 Oktober 2022 16:10 8550 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Sumpah Pemuda menjadi salah satu tonggak utama dalam terbentuknya sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia, sumpah yang dilakukan oleh para pemuda ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. 

 

Untuk pengertian dari sumpah pemuda sendiri yaitu sumpah pemuda adalah sebuah pernyataan sikap putra-putri terbaik Indonesia bahwa semua orang di Indonesia memiliki tumpah darah yang satu, memiliki bangsa yang satu, dan memiliki bahasa persatuan yaitu Indonesia.

 

Sumpah pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober namun untuk semangat memperingati sumpah Pemuda ini sudah dilakukan dari awal Oktober, tujuan dari sumpah Pemuda sendiri adalah untuk membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme pemuda-pemudi Indonesia serta seluruh rakyat di nusantara.

 

5 Rekomendasi Kegiatan Memperingati Hari Sumpah Pemuda di Kantor

Sumpah pemuda tanggal 28 Oktober bisa kamu peringati dengan melakukan beberapa kegiatan bersama rekan kerja kamu di kantor, yang tentunya kegiatan memperingati hari sumpah Pemuda ini bisa diisi dengan melakukan beberapa kegiatan positif yang bisa meningkatkan jiwa nasionalisme serta mempererat persatuan baik itu sesama rekan kerja atau dengan orang yang ada di lingkungan kerja.

 

Bagi kamu yang ingin melakukan kegiatan untuk memperingati hari sumpah Pemuda di kantor kamu bisa melakukan beberapa rekomendasi kegiatan berikut ini.

 

Mengikuti Kegiatan Kepemudaan Selama Bulan Oktober

Rekomendasi kegiatan memperingati hari sumpah Pemuda di kantor yang pertama adalah dengan cara mengikuti kegiatan kepemudaan selama bulan Oktober, ketika di lingkungan kerja kamu ada yang melakukan kegiatan kepemudaan salah satunya adalah kerja bakti atau pun hal lain yang menyangkut kepemudaan kamu bisa mengikuti kegiatan tersebut.

 

Dengan mengikuti kegiatan kepemudaan selama bulan Oktober tentunya hal ini akan mempererat hubungan satu sama lain, contoh lain kegiatan kepemudaan selain melakukan kerja bakti adalah dengan mengadakan olahraga bersama atau melakukan sharing session bersama rekan kerja di kantor, dengan mengikuti beberapa kegiatan kepemudaan tersebut maka hal ini tentunya akan mempererat rasa kebersamaan serta persaudaraan antara karyawan.

 

Menggunakan Pakaian Tradisional ke Kantor

Kegiatan berikutnya untuk memperingati hari sumpah Pemuda di kantor adalah kamu bisa mengagendakan acara untuk menggunakan pakaian tradisional saat pergi ke kantor, misalnya kamu bisa merencanakan bersama rekan kerja kamu untuk menggunakan pakaian batik secara serentak pada hari puncak peringatan sumpah Pemuda yaitu tanggal 28 Oktober.

 

Kamu juga bisa mengusulkan untuk menggunakan pakaian tradisional sesuai dengan ciri khas wilayah masing-masing ataupun kamu juga bisa menggunakan pakaian tradisional tema pahlawan perjuangan. Maka dengan begitu tentunya peringatan Hari sumpah Pemuda akan membuat suasana di kantor akan lebih meriah.

 

Mengadakan Kegiatan Baca Buku Bersama

Kegiatan untuk memperingati hari sumpah Pemuda di kantor berikutnya adalah kamu bisa mengadakan kegiatan baca buku bersama, kegiatan membaca buku bersama di kantor merupakan salah satu acara yang cukup seru dan tidak hanya itu kita bisa meningkatkan minat baca dari diri kita dan orang lain.

 

Kita bisa mengkhususkan kegiatan membaca buku bersama untuk memaknai hari sumpah Pemuda dengan membaca buku-buku bertemakan sejarah agar kita bisa lebih memahami sejarah mengenai terbentuknya negara kita Indonesia. Kamu bisa mengikuti kegiatan baca buku bersama ini setelah pulang kantor atau kamu juga bisa mengagendakan bersama kan kerja kamu kegiatan baca buku bersama ini yang dilakukan dengan memanfaatkan ruang-ruang publik di sekitar tempat kerja kamu contohnya di taman.

 

Nonton Film Bertemakan Kepemudaan Bersama

Rekomendasi kegiatan memperingati hari sumpah Pemuda berikutnya adalah dengan mengadakan acara nonton film bersama yang bertemakan kepemudaan, acara nonton film Bersama ini bisa menjadi salah satu kegiatan yang cukup positif untuk memperingati hari sumpah Pemuda apalagi film yang kita tonton merupakan salah satu film yang berkaitan dengan semangat kepemudaan.

 

Selain menonton film bertemakan kepemudaan bersama, kamu juga bisa menonton film lain yang memiliki tema nasionalisme contohnya seperti film-film perang ataupun film dokumenter yang menceritakan mengenai sejarah Indonesia.

 

Mengikuti Seminar atau Workshop

Rekomendasi kegiatan memperingati hari sumpah Pemuda di kantor yang terakhir adalah dengan mengikuti seminar atau workshop, untuk memperingati hari sumpah Pemuda kamu juga bisa mengikuti seminar yang membawakan tema seputar kepemudaan ataupun topik lain yang berhubungan dengan Indonesia. Contohnya seminar bagaimana cara membangun jiwa kepemimpinan dan rasa nasionalisme.

 

Dengan mengikuti seminar atau workshop ini tentunya akan menjadi salah satu hal yang positif untuk mengisi hari memperingati sumpah pemuda yang akan sebentar lagi dilaksanakan yaitu pada tanggal 28 Oktober 2022, Selain itu dengan mengikuti seminar juga akan menambah pengetahuan kamu.

 

Nah itu tadi pembahasan mengenai 5 rekomendasi kegiatan memperingati hari sumpah Pemuda di kantor, karena hari peringatan sumpah Pemuda akan dilaksanakan sebentar lagi yaitu tanggal 28 Oktober 2022 kamu bisa mulai mengikuti beberapa kegiatan yang sudah kami rekomendasikan di atas. 

 

Bagi kamu yang saat ini belum memiliki pekerjaan kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru dan terlengkap melalui TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar