Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Pertanyaan Interview Kerja yang Bisa Kamu Ajukan Pada Proses Interview

29 Agustus 2022 15:08 1941 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Saat akan memulai karir pastinya kamu akan melewati tahapan interview kerja, Pada tahapan ini tentunya kamu akan diberikan beberapa pertanyaan interview kerja yang nantinya akan menggambarkan kepribadian kamu sebagai kandidat secara keseluruhan dan bisa dilihat oleh perekrut.

 

Proses interview kerja merupakan tahapan yang sangat penting untuk menentukan apakah kamu layak diterima pada perusahaan tersebut atau tidak, oleh karena itu kamu harus melakukan persiapan yang matang agar nantinya saat mengikuti proses interview kamu bisa menarik perhatian rekrut dan menerima kamu sebagai karyawan di sana.

 

Salah satu cara agar perekrut tertarik pada kamu saat mengikuti proses interview kerja adalah salah satunya dengan aktif bertanya pada saat proses sesi tanya jawab, selain bisa memberikan Nilai plus pada kamu di mata perekrut dengan bertanya Kamu juga bisa lebih mengenal mengenai profesi yang kamu lama serta perusahaan yang nantinya akan kamu tempati.

 

Bagi kamu yang masih bingung ketika mengikuti interview kerja dan bingung memberikan pertanyaan apa saja pada saat proses tanya jawab dengan perekrut kamu bisa melihat contoh pertanyaan interview kerja berikut ini.

 

5 Pertanyaan Interview Kerja yang Bisa Kamu Ajukan Pada Proses Interview

"Berapa lama orang sebelumnya memegang posisi itu dan apa saja tugas yang dilakukan secara umum?"

Pertanyaan interview kerja pertama kali dan jawabannya yang bisa membantu kamu pada saat mengikuti proses yang terpikir adalah " berapa lama orang sebelumnya memegang posisi itu dan Apa saja tugas yang dilakukan secara umum?". Pertanyaan ini bisa membantu kamu untuk lebih mengetahui secara mendalam terkait pekerjaan yang kamu lamar dari sisi perusahaan dengan lebih spesifik. 

 

Jika perekrut menjawab orang sebelumnya tidak bertahan lama dalam posisi tersebut maka bisa saja hal ini menjadi tanda buruk yang mungkin menjadi pertimbanganmu nanti saat masuk pada perusahaan tersebut.

 

“Bagaimana perusahaan mengukur kesuksesan orang yang menduduki di posisi ini?”

Pertanyaan interview kerja berikutnya adalah " Bagaimana perusahaan mengukur kesuksesan orang yang menduduki di posisi ini?". Dalam pertanyaan ini kamu bisa mengukur ekspektasi kamu dalam menjalankan pekerjaan, jawaban yang keluar dari perekrut bisa menjadi gambaran ataupun acuan bagi kamu untuk nantinya memahami beban kerja yang akan kamu tanggung.

 

“Apa saja tantangan yang biasanya dihadapi oleh orang yang menduduki posisi ini?”

Selanjutnya adalah pertanyaan " apa saja tantangan yang biasanya dihadapi oleh orang yang menduduki posisi ini?". Untuk pertanyaan ini nantinya bisa menjadi informasi yang sangat berguna agar kamu bisa mengetahui tantangan apa saja yang akan dihadapi saat mulai bekerja.

 

Tidak hanya itu untuk pertanyaan ini tentunya jawabannya tidak akan ada pada saat kamu melihat deskripsi pertanyaan pada lowongan pekerjaan baik itu di web ataupun sosial media, maka dengan menanyakan pertanyaan ini pada saat proses interview kerja menjadi salah satu hal yang akan bisa membuat merekrut memberikan nilai tambah pada kamu.

 

"Bagaimana budaya kerja di perusahaan ini?"

pertanyaan interview kerja dan jawabannya yang bisa membantu kamu nantinya pada saat sudah masuk pada perusahaan adalah pertanyaan " Bagaimana budaya kerja di perusahaan ini?". Pertanyaan ini bisa kamu ajukan untuk membuat perekrut yakin bahwa kamu memang tertarik pada posisi tersebut di perusahaan ini, selain itu juga kamu nantinya akan mendapatkan gambaran yang jelas mengenai budaya kerja yang ada di perusahaan dan bisa menilai Apakah sudah cocok dengan visi misi kamu ataupun tidak.

 

Hal ini juga sangat penting untuk diketahui karena hal ini bisa mempengaruhi kinerja kamu di perusahaan nanti pada saat bekerja.

 

"Apa tahap selanjutnya dari interview kerja ini dan kapan saya akan dihubungi kembali?"

Pertanyaan terakhir yang bisa kamu tanyakan pada saat proses interview kerja adalah pertanyaan "apa tahap selanjutnya dari interview kerja ini dan kapan akan dihubungi kembali?". Meskipun pertanyaan ini biasanya ditanyakan dengan sedikit segan namun tidak ada salahnya untuk bisa memastikan tahap selanjutnya dari proses interview kerja ini, Pertanyaan ini juga bisa membuat kamu dapat mempersiapkan diri jika nantinya lulus pada tahap selanjutnya serta kamu juga bisa mengetahui waktu yang diberikan perusahaan dalam menyeleksi calon karyawannya.

 

Nah, itu dia beberapa pertanyaan interview kerja yang bisa kamu ajukan pada saat mengikuti proses interview. Kamu bisa menerapkan beberapa pertanyaan interview kerja ini dan menanyakannya kepada perekrut pada saat mengikuti proses interview agar nantinya kamu memiliki nilai plus di mata perekrut serta bisa menambah pengetahuan kamu baik itu dalam pekerjaan ataupun mengetahui lebih dalam mengenai perusahaan yang kamu lamar.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi mengenai lowongan pekerjaan dan juga informasi menarik lainnya seputar tips karir dan juga tips dalam pekerjaan, kamu bisa mengunjungi TipsKarir.

Komentar