Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Persiapan Agar Finansial Aman Ketika Berhenti Jadi Karyawan

11 Agustus 2022 11:08 1696 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Saat berhenti menjadi karyawan merupakan salah satu keputusan hidup yang cukup besar yang bisa kamu ambil, jika kamu sudah merasa jenuh bekerja sebagai karyawan dan ingin mulai membangun pekerjaan baru ataupun bisnis tentunya kamu harus memastikan dan juga mempersiapkan terlebih dahulu agar finansial kamu aman saat berhenti menjadi karyawan.

 

Kamu harus mempersiapkan diri secara finansial agar keuangan saat kamu berhenti jadi karyawan tidak kacau balau karena tidak memiliki pemasukan setiap bulannya lagi secara konsisten, namun sebelum itu apakah kamu mengetahui apa arti finansial dan apa itu finansial?

 

Adapun untuk finansial adalah istilah luas yang digunakan untuk menjelaskan banyak aspek dari keuangan ataupun industri keuangan, seperti misalnya saja adalah instrumen finansial, layanan finansial, institusi finansial, penasehat finansial dan juga perencanaan finansial. Pada pembahasan kali ini kami akan membahas lebih mendalam mengenai perencanaan finansial yaitu persiapan agar finansial kamu aman saat berhenti jadi karyawan.

 

Bagi kamu Yang penasaran apa saja persiapan yang harus kamu lakukan agar finansial kamu aman saat berhenti menjadi karyawan kamu bisa menyimak pembahasannya berikut ini.

 

5 Persiapan Agar Finansial Aman Ketika Berhenti Jadi Karyawan

Siapkan Dana Darurat

Persiapan yang pertama agar finansial kamu aman saat berhenti jadi karyawan adalah kamu perlu menyiapkan dana darurat, menyiapkan dana darurat ini sangatlah penting karena ketika kamu berhenti jadi karyawan maka pemasukan setiap bulannya akan berkurang tidak seperti sebelumnya yang konsisten setiap bulannya mendapatkan pemasukan. Maka dari itu kita perlu menyiapkan saldo dana darurat setidaknya sebanyak 3 kali pengeluaran rutin setiap bulannya supaya finansial kamu aman kedepannya.

 

Sisihkan 50% Penghasilan Untuk Dana Darurat

Persiapan berikutnya agar finansial kamu aman adalah kamu bisa sisihkan 50% dari penghasilan untuk dimasukkan pada saldo dana darurat, kamu bisa memasukkan sebagian penghasilan kamu baik itu penghasilan ketika menerima gaji setiap bulannya atau pun beberapa pemasukan seperti cuti melahirkan ataupun memasukkan lain saat masih menjadi karyawan. Hal ini agar saldo dari dana darurat kita mencukupi saat kita sudah tidak lagi menjadi karyawan dan belum mendapatkan pekerjaan baru.

 

Hitung Ulang Biaya Pengeluaran

Berikutnya adalah kamu perlu menghitung ulang biaya dari pengeluaran Kamu setiap bulannya saat sudah tidak lagi menjadi karyawan, dengan finansial artinya keuangan kita harus memiliki perencanaan dan juga saat kamu berhenti menjadi karyawan anggaran yang perlu dikeluarkan setiap bulannya harus Kita sesuaikan kembali.

 

Kamu bisa menghitung ulang biaya pengeluaran dan sedikit menguranginya, kamu bisa mengurangi biaya pengeluaran yang tidak terlalu penting seperti biaya untuk hiburan dan juga belanja kebutuhan pribadi yang tidak mendesak.

 

Pahami Fasilitas yang Hilang

Setelah kamu sudah tidak lagi menjadi karyawan tentunya kamu harus memahami bahwa fasilitas yang akan kamu dapatkan setiap bulannya juga tentunya akan hilang, kamu perlu mempersiapkan beberapa pengeluaran tambahan untuk bisa mendapatkan fasilitas yang hilang ini contohnya seperti fasilitas untuk kesehatan. Agar finansialmu aman maka kamu harus mempersiapkan hal ini dan menerima realita bahwa sejumlah fasilitas akan hilang dan tidak akan kamu dapatkan lagi ketika bukan menjadi seorang karyawan.

 

Hindari Penggunaan Kartu Kredit dan Pinjaman Online

Persiapan yang terakhir yang harus kamu lakukan agar finansial aman saat berhenti menjadi karyawan adalah menghindari penggunaan kartu kredit dan juga pinjaman online, meskipun menggunakan kartu kredit dan juga pinjaman online tampaknya menjadi salah satu solusi yang bisa mengatasi permasalahan kita akan tetapi sebisa mungkin agar kamu bisa menghindari penggunaan hal tersebut. Hal ini dikarenakan kamu perlu menyadari bahwa kemampuan untuk membayar penggunaan kartu kredit dan juga pinjaman tersebut akan menjadi lebih sulit ketika kamu bukan lagi seorang karyawan.

 

Bagi kamu yang berencana untuk berhenti menjadi karyawan kamu harus memastikan beberapa persiapan di atas tadi, agar nantinya finansial kamu aman saat berhenti menjadi karyawan.

 

Dapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan serta informasi menarik lainnya mengenai finansial hanya di TipsKarir.

 

Komentar