KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Keuntungan Mengikuti Tes Minat & Bakat di TopKarir

24 Maret 2021 20:03 12255 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Bekerja jadi sebuah keharusan yang dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjang. Setiap pekerjaan tentu memiliki tantangan dan kesulitan yang berbeda-beda bagi siapapun yang menjalaninya.

 

Dalam bekerja, seseorang pasti pernah merasakan stres, bosan, bahkan tertekan. Salah satu alasannya adalah kehilangan semangat dan motivasi. Tapi tenang, hal itu bisa kamu hindari jika pekerjaan yang ditekuni sudah sesuai dengan minat dan bakatmu.

 

Bekerja, belajar, dan melakukan aktivitas lain sesuai minat dan bakat akan membuat kamu lebih bersemangat dan menikmati setiap prosesnya. Selain itu, kamu akan lebih mudah mengoptimasi kemampuan untuk bekerja secara maksimal.

 

Pernah nggak sih bingung menentukan konsentrasi/jurusan studi? Saat dijalani merasa salah jurusan bahkan sampai menyerah di tengah jalan. Atau kesulitan menentukan bidang kerja setelah lulus kuliah?

 

TopKarir punya satu fitur yang bisa bantu kamu menemukan potensi dan bakat yang ada di diri kamu, yakni Tes Minat & Bakat. Berikut ini ada 5 keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan mengikuti Tes Minat & Bakat dari TopKarir.

 

1. Menemukan pekerjaan yang tepat

Hasil dari Tes Minat & Bakat akan menjelaskan bidang kerja apa yang paling cocok buat kamu. Dengan begitu kamu akan lebih yakin menentukan bidang kerjamu nanti. Bekerja di bidang yang kamu banget akan membuat kamu nyaman dan bahagia menjalaninya.

 

2. Lebih mudah mengembangkan keahlian

Saat hasil Tes Minat & Bakat sudah keluar, kamu bisa fokus mengembangkan keahlian sesuai bidang yang menjadi potensi kamu.

 

Tanpa belajar dan berlatih, kemampuanmu hanya akan terus terpendam, jadi ikuti beragam pelatihan untuk mempertajam keahlian dan kompetensi guna bekal di dunia kerja nanti.

 

Kamu juga bisa mengikuti berbagai webinar gratis, masuk ke dalam komunitas, atau mengikuti program magang untuk memperdalam bidang yang menjadi potensi kamu.

 

3. Kerja jadi lebih menyenangkan

Bekerja sesuai minat & bakat akan lebih menyenangkan sebab tidak ada paksaan dari luar diri. Kamu akan bekerja dengan hati tanpa terbebani.

 

Sejatinya kerja bukan perkara gaji semata, bahagia nggak cuma dinilai dari seberapa banyak penghasilan kamu bukan? Termasuk juga ketika pekerjaan yang kamu pilih sekarang dilalui tanpa ada tekanan.

 

4. Kepercayaan diri dalam berkarir

Ketika sudah fokus di satu bidang yang menjadi minat & bakatmu dan berhasil mengembangkannya, kamu akan punya kepercayaan diri yang lebih besar lagi.

 

Saat menjawab pertanyaan interview “apa kelebihan kamu?” kamu bisa menjawab dengan berbagai pengalaman dan pengetahuan yang kamu punya di bidang yang sudah kamu dalami.

 

5. Nggak mudah menyerah

Jalan karir tak selamanya mulus, pasti ada hambatan dan tantangan yang menemui kamu. Dengan memiliki keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi dalam satu bidang akan membuat kamu menjadi pribadi yang nggak gampang nyerah.

 

Bahkan ketika dihadapkan pada permasalahan sesulit apapun, kamu akan berusaha bangkit dan memperbaikinya.

 

Semangatmu tinggi untuk mencapai tujuan karir, karena kamu sudah tau apa yang kamu mau dan apa saja usaha untuk mencapainya.

 

Buat kamu yang mau mencari tahu potensi diri lewat Tes Minat & Bakat di TopKarir caranya mudah. Ikuti langkahnya di bawah ini ya.

 

Cara Mengikuti Tes Minat & Bakat bagi Pengguna Baru

1. Daftarkan dirimu di TopKarir terlebih dahulu

Untuk bisa mengikuti Tes Minat & Bakat, kamu harus mendaftarkan diri di TopKarir terlebih dahulu, ya. 

Kamu bisa simak video di bawah ini untuk panduan cara mendaftarnya:

 

 

Atau kalau kamu lebih suka panduan dalam format tulisan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi TopKarir, klik "Akun" dan "Masuk Sekarang"
  2. Lengkapi data dirimu, seperti nama, email, dan password
  3. Lalu, pilih latar belakang yang sesuai dengan dirimu
  4. Kemudian kamu harus lengkapi informasi pribadi, seperti nama lengkap, email, no. handphone, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, dan media sosial
  5. Setelahnya kamu harus melengkapi informasi, seperti pendidikan, spesialisasi, dan keahlian
  6. Masukkan nomor KTP-mu
  7. Selamat, ya! Sekarang kamu sudah terdaftar di TopKarir

 

2. Cara mengikuti Tes Minat & Bakat

Langkah berikutnya adalah mengikuti Tes Minat & Bakat. 

Untuk kamu yang belum tahu caranya, silakan simak video di bawah ini untuk mengikuti Tes Minat & Bakat

 

 

Dan buat kamu yang lebih suka mengikuti panduan lewat tulisan, silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini, ya!

  1. Buka aplikasi TopKarir, lalu klik "Akun" pada menu bar di kanan bawah
  2. Lalu, pilih "Tes Minat & Bakat"
  3. Jangan lupa untuk menyalin nomor tiket dan kata sandi
  4. Lalu, masukkan nomor tiket dan kata sandi yang tadi sudah kamu salin, klik masuk
  5. Kemudian, lengkapi data diri kamu sesuai dengan kolom yang tersedia
  6. Isi semua pertanyaan dengan jawaban yang paling sesuai
  7. Setelah itu, kamu bisa melakukan pembayaran sebesar Rp10.000 melalui Go-Pay, OVO, BCA Virtual Account, atau Mandiri Virtual Account. Jangan ditunda lagi ya, per 1 Maret 2021 harga akan kembali normal jadi Rp30.000, loh!
  8. Selamat! Kamu sudah bisa melihat hasil Tes Minat & Bakat kamu

 

Tunggu apa lagi? Ayo, segera cari tahu apa minat dan bakatmu agar perjalanan karirmu semakin cemerlang. Klik tombol di bawah ini untuk mengikuti Tes Minat & Bakat sekarang!

 

Komentar