Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Hal yang Harus Kamu Hindari saat Hari Pertama Kerja

27 Oktober 2022 18:10 1478 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Hari Pertama Kerja merupakan salah satu hari yang cukup penting karena akan memperlihatkan seperti apa imej dan karakter kita kepada karyawan lain, jika pada hari pertama kerja kita berperilaku baik tentunya orang lain akan berpikir positif pada kita dan menganggap kita merupakan karyawan yang teladan.

 

Namun tidak sedikit orang pada Hari pertama kerja melakukan beberapa kesalahan yang membuat dirinya menjadi dinilai kurang baik oleh atasan maupun rekan kerja, Jika kamu salah satu orang yang masih bingung mengenai hari pertama kerja ngapain saja dan hal apa saja yang harus kamu hindari kamu bisa menyimak pembahasan kali ini sampai selesai.

 

Karena disini kami akan memberikan kalian 5 hal yang harus dihindari saat Hari pertama kerja, untuk pembahasan lebih lengkapnya kamu bisa menyimaknya berikut ini.

 

5 Hal yang Harus Kamu Hindari saat Hari Pertama Kerja

tips hari pertama kerja agar kamu tidak mengalami kesalahan tentunya harus mengetahui terlebih dahulu Apa saja hal yang harus dihindari saat Hari pertama kerja, oleh karena itu bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja hal yang harus dihindari kamu bisa menyimaknya pada pembahasan di bawah.

 

Jangan Terlambat 

pengalaman hari pertama kerja merupakan salah satu pengalaman yang akan terus dikenang dalam hidup kita oleh karena itu pada Hari pertama kerja usahakan kamu bisa menghindari terlambat atau telat saat berangkat kerja pada Hari pertama kerja.

 

Untuk bisa menghindari resiko terlambat untuk pergi bekerja di hari pertama kamu bisa mempersiapkan beberapa hal contohnya seperti.

 

  • Menyetel alarm 1 atau 2 jam sebelum berangkat kerja.
  • Jangan tidur larut malam atau begadang.
  • Buat to do list pekerjaan yang akan dikerjakan pada hari pertama.
  • Saling mengingatkan dengan sesama rekan kerja.

Beberapa poin di atas bisa mengurangi resiko kamu telat berangkat bekerja, Jadi bagi kamu yang khawatir takut terlambat kamu bisa mempraktekkannya.

 

Jangan Takut Bertanya

Hal yang harus dihindari saat Hari pertama kerja berikutnya adalah jangan takut bertanya, saat kita baru pertama masuk kerja di lingkungan baru tentunya kita belum mengetahui seperti apa lingkungan kerja serta Tugas apa saja yang akan kita kerjakan.

 

Oleh karena itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan kamu jangan takut bertanya dan bisa mengkomunikasikan segala sesuatu hal yang belum kamu mengerti dengan atasan atau rekan kerja yang satu bagian dengan kamu.

 

Saat kamu takut bertanya tentunya hal ini akan sangat merugikan bagi kamu mulai dari tertinggal dari rekan kerja lain hingga beresiko mengalami kesalahan yang tidak perlu.

 

Jangan Gunakan Pakaian Mencolok

Hal berikutnya yang harus kamu hindari saat Hari pertama kerja adalah jangan menggunakan pakaian yang mencolok, saat kamu baru pertama masuk kerja kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Salah satunya adalah dengan melihat seperti apa seragam ataupun pakaian yang digunakan di tempat kerja kamu tersebut.

 

Jangan sampai ketika orang lain memakai pakaian yang formal dan biasa saja kamu malah memakai pakaian yang mencolok, tentunya hal ini akan mengganggu rekan kerja yang lain dan kamu bisa menjadi pusat perhatian bahkan bahan gosip rekan kerja yang lain.

 

Untuk bisa menghindari kesalahan ini kamu bisa menggunakan pakaian yang formal terlebih dahulu ketika saat pertama kali pergi ke kantor, contohnya bisa memakai kemeja berkerah. Lalu setelah kamu mengetahui seperti apa pakaian kantor yang cocok pada lingkungan kerja baru kamu tersebut kamu bisa menyesuaikan lagi pada hari berikutnya.

 

Jangan Bersikap Antisosial

Berikutnya adalah Jangan bersikap anti sosial, meskipun kamu bekerja perorangan maupun memiliki tugas masing-masing akan tetapi jangan sampai bersikap anti sosial dan tidak berkomunikasi dengan orang lain di sekitar kamu.

 

Kamu harus bisa berbaur dengan lingkungan kerja agar nantinya karir kamu bisa baik dan memiliki banyak relasi di tempat kerja.

 

Jangan Bersikap Kaku

Hal yang harus kamu hindari yang terakhir saat pertama kali masuk kerja adalah Jangan bersikap kaku, saat kamu pertama kali masuk kerja tentunya kamu belum mengetahui siapapun oleh karena itu kamu Jangan bersikap kaku dan mulailah untuk berkenalan satu sama lain.

 

Meskipun saat bekerja kamu harus profesional dan bisa membedakan antara hal serius dan tidak akan tetapi ketika di luar jam kerja kamu bisa berbaur dengan siapapun, oleh karena itu kamu bisa menempatkan sikap kamu sesuai dengan situasi yang sedang kamu jalani.

 

Nah itu tadi pembahasan mengenai 5 hal yang harus kamu hindari saat hari pertama kerja, seperti yang kita tahu bahwa hari pertama masuk kerja merupakan salah satu momen yang cukup penting dalam karir kita oleh karena itu kamu bisa menghindari beberapa hal yang sudah disebutkan tadi agar karir kamu dalam bekerja bisa baik dan terus berkembang.

 

Bagi kamu yang saat ini belum memiliki pekerjaan kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru melalui TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

 

Komentar