Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Cara Untuk Menjaga dan Meningkatkan Produktivitas Kerja

22 Agustus 2022 13:08 1695 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Dalam melakukan rutinitas bekerja memang terkadang sangatlah melelahkan, baik itu bekerja di kantor ataupun juga bekerja dari rumah. Agar produktivitas kerja kita terus terjaga tentunya kita harus bisa mengatasi berbagai masalah saat produktivitas kerja kita menurun agar tidak mengganggu pada pekerjaan. Seringkali kita terlalu fokus dan juga ketergantungan ada beberapa faktor eksternal untuk meningkatkan produktivitas kerja, contohnya seperti dukungan dari rekan kerja.

 

Untuk bisa menjaga dan juga meningkatkan produktivitas kerja tentunya kamu harus mengetahui apa itu produktivitas kerja terlebih dahulu, produktivitas kerja adalah cara untuk mengukur efisiensi proses bekerja yang telah kamu lakukan. Contohnya: seseorang bisa dikatakan sebagai individu yang memiliki produktivitas kerja yang baik jika menunjukkan beberapa hal, yaitu seperti memiliki tindakan membangun dan juga tanggung jawab serta memiliki rasa percaya diri yang baik dan mencintai pekerjaannya.

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara untuk menjaga dan juga meningkatkan produktivitas kerja, kamu bisa menyimak pembahasan kali ini karena disini kami akan memberikan kamu 5 cara untuk menjaga dan juga meningkatkan produktivitas kerja, untuk caranya bisa disimak sebagai berikut.

 

5 Cara Menjaga dan Meningkatkan Produktivitas Kerja

Menciptakan Suatu Kebiasaan Sendiri

indikator produktivitas kerja yang biasanya bisa menjaga dan juga meningkatkan produktivitas kamu dalam kerja adalah dengan cara menciptakan suatu kebijakan kebiasaan sendiri. Setidaknya kamu bisa membuat kebiasaan setiap kali akan menyelesaikan sebuah pekerjaan dalam satu waktu contohnya seperti menyiapkan secangkir kopi hangat sebelum memulai bekerja. Selain itu kamu juga bisa menciptakan kebiasaan dengan memutar musik ketika bekerja agar kamu merasa lebih semangat. 

 

Menciptakan suatu kebiasaan ini menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk bisa menjaga dan juga meningkatkan produktivitas kerja, acara ini juga menjadi semacam tombol ON yang membuat kamu bisa langsung bergerak jika sudah melakukan kebiasaan tersebut.

 

Fokus Pada Satu Prioritas Pekerjaan

Cara berikutnya adalah kamu bisa fokus pada satu prioritas pekerjaan terlebih dahulu, faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja biasanya adalah ketika kamu mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu, hal ini tentunya akan mengurangi produktivitas kamu karena saat mengerjakan beberapa pekerjaan kamu tidak akan fokus dan malah tidak menyelesaikan semua pekerjaan karena kewalahan.

 

Ketika kita merasa mengerjakan sesuatu dengan multitasking terlalu melelahkan dan juga membuat kita kewalahan maka kamu harus mencoba untuk bisa mengerjakan pekerjaan dalam satu prioritas utama, lalu ketika pekerjaan prioritas telah selesai maka kamu bisa lanjut pada pekerjaan berikutnya.

 

Kondisikan Situasi Minim Gangguan

Untuk menjaga produktivitas kerja tentunya kita harus membuat situasi yang minim gangguan dan juga distraksi, mengkondisikan situasi agar lebih kondusif tentunya akan menjaga kamu lebih produktif dalam bekerja serta menjaga konsentrasi kamu dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Seorang profesor di departemen informatika University of California menemukan bahwa untuk bisa fokus kembali dalam suatu pekerjaan membutuhkan waktu rata-rata 23 menit. Bayangkan ketika saat bekerja kamu mendapatkan banyak sekali gangguan dan juga distraksi hal ini tentunya akan membuat produktivitas kerja kamu menurun.

 

Jadwalkan Waktu untuk Istirahat

Cara menjaga dan meningkatkan produktivitas kerja selanjutnya adalah dengan menjadwalkan waktu untuk istirahat, menjaga produktivitas tentunya harus diimbangi juga dengan istirahat oleh karena itu kita harus menjadwalkan waktu istirahat yang cukup agar kembali fokus saat nantinya memulai pekerjaan kembali. Jika kamu memaksakan untuk terus bekerja hal ini malah akan menurunkan tingkat produktivitas kerja kamu hanya akan semakin stres saat bekerja terus-menerus dan tidak istirahat.

 

Bila pekerjaan kamu sehari-harinya bekerja di depan komputer setidaknya jadwalkan waktu untuk kamu istirahat setidaknya minimal 5 menit, kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat ini untuk memperlancar aliran darah dan juga kamu bisa jalan-jalan santai di sekitar tempat kerja.

 

Miliki Buku Catatan

Cara menjaga dan juga meningkatkan produktivitas kerja yang terakhir adalah memiliki buku catatan, dengan memiliki buku catatan ini kita bisa memonitor rutinitas kerja sehari-hari dan bisa mencatatnya pada buku ini baik itu dalam membuat jadwal kerja harian atau bulanan.

 

Kamu juga bisa mencatat setiap deadline dalam pekerjaan pada buku catatan ini agar kamu tidak lupa saat mengerjakannya, dalam buku ini kamu juga bisa menuliskan target-target apa saja yang bisa kamu penuhi dalam bekerja. 

 

Itu dia beberapa cara untuk menjaga dan juga meningkatkan produktivitas kerja, seperti yang kita tahu untuk bisa menjaga dan juga meningkatkan produktivitas kerja tidaklah mudah akan tetapi kamu bisa memaksimalkan dan juga berupaya yang terbaik dengan mengikuti beberapa cara di atas.

 

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang kamu bisa mengunjungi langsung website TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya mengenai pekerjaan dan juga tips karir hanya di TipsKarir.

Komentar