Pencari Karir Pencari Kandidat

5 Alasan Kenapa Komunitas Penting Bagi UMKM dan Jobseeker

28 November 2022 17:11 1176 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Bagi para pelaku UMKM atau para Jobseeker tentunya mengikuti komunitas merupakan salah satu hal yang penting agar bisa mendapatkan networking atau bahkan informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru.

 

Seperti yang kita tahu para pelaku UMKM tentunya membutuhkan networking untuk bisa membuat produk yang mereka punya mulai dikenal banyak orang, dan salah satu caranya adalah dengan bergabung dengan komunitas.

 

Selain untuk UMKM, komunitas sendiri juga sangat penting bagi para Jobseeker atau pencari kerja. Karena biasanya dalam komunitas akan ada berbagai informasi mengenai mengenai lowongan pekerjaan baik itu full time, part time atau bahkan freelance terbaru yang bisa kamu lamar. Selain itu dalam komunitas juga kamu akan mendapatkan berbagai informasi mengenai pelatihan dan sertifikasi serta pembahasan mengenai karir.  

 

Namun terlepas dari beberapa hal tadi, ada alasan lain kenapa komunitas sangat penting bagi UMKM dan para Jobseeker, untuk mengetahui apa saja alasannya kamu bisa menyimak pembahasan kali ini hingga akhir.

 

5 Alasan Kenapa Komunitas Penting Bagi UMKM dan Jobseeker 

Seperti yang kita tahu saat ini ada berbagai komunitas yang bisa kita ikuti, mulai dari komunitas Discord, Facebook, Telegram, hingga WhatsApp. Namun meskipun begitu tidak sedikit orang yang tidak tertarik untuk bergabung komunitas.

 

Oleh karena itu bagi kamu yang belum bergabung ke dalam komunitas, kamu bisa mengetahui terlebih dahulu apa saja alasan kenapa komunitas sangat penting baik itu untuk pelaku UMKM atau pencari kerja di bawah.

 

Menambah Networking

Alasan utama mengapa komunitas sangat penting bagi UMKM dan Jobseeker adalah komunitas bisa menambah networking kamu. Dengan bergabung dalam sebuah komunitas kamu bisa menemukan rekan kerja bisnis yang bisa membantu usaha atau UMKM kamu lebih maju.

 

Dan untuk para Jobseeker tentunya dengan banyaknya networking atau relasi akan lebih memudahkan kamu dalam mencari pekerjaan, bahkan tidak jarang di dalam komunitas, kamu akan ditawarkan pekerjaan oleh rekan sesama anggota komunitas disana.

 

Mendapatkan Informasi Seputar Pelatihan dan Sertifikasi

Alasan berikutnya adalah beberapa komunitas biasanya memberikan informasi terkait Pelatihan dan Sertifikasi, dengan begitu kamu akan mendapatkan berbagai informasi seputar pelatihan dan sertifikasi yang pastinya akan membantu kamu dalam meningkatkan pengetahuan dan skill yang dimiliki.

 

Untuk bisa membuat UMKM lebih maju dan berkembang tentunya SDM yang akan memerlukan pelatihan, dan kalian bisa dapetin di dalam komunitas! Selain itu bagi kamu yang ingin mengikuti sertifikasi biasanya pada komunitas sering sharing mengenai informasi terbaru tentang sertifikasi yang sedang berjalan dan bisa kamu ikuti.

 

Bisa Sharing Mengenai Berbagai Topik

Berikutnya adalah kamu bisa sharing dan mengobrol bersama sesama anggota di komunitas mengenai beberapa topik baik itu seputar pekerjaan atau karir.

 

Selain itu kita juga bisa membahas mengenai produk apa yang ada dalam UMKM yang kamu miliki dan meminta feedback dari anggota lain agar kamu bisa mengembangkan produk menjadi lebih baik.

 

Dalam komunitas juga biasanya akan ada hiburan tersendiri yang akan membuat kamu lebih nyaman disana, mulai dari sharing mengenai meme, hingga berbagai video lucu yang bisa mencairkan suasana sesama anggota komunitas.

 

Bisa Mempromosikan Produk atau Portofolio

Alasan berikutnya kenapa Komunitas penting bagi para pelaku UMKM dan Jobseeker adalah disini kamu bisa mempromosikan produk agar lebih dikenal orang dan juga bisa memposting portofolio yang kamu miliki agar orang mengetahui kemampuan kamu.

 

Dengan begitu maka produk kamu akan lebih dikenal dan banyak yang memesan, dan untuk Job Seeker dengan share portofolio maka peluang mendapatkan pekerjaan akan terbuka lebar. 

 

Dan bisa saja anggota komunitas yang sedang melakukan perekrutan memberikan peluang kamu untuk bekerja dan menghubungi kamu karena tertarik dengan portofolio yang sudah kamu buat dan share di komunitas.

 

Banyak Informasi Mengenai Lowongan Pekerjaan 

Alasan terakhir kenapa komunitas penting adalah karena Komunitas memberikan berbagai informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru yang bisa kita lamar.

 

Tentunya informasi lowongan kerja ini akan sangat membantu terutama bagi para Jobseeker atau pencari kerja, selain itu bagi UMKM juga akan sangat membantu jika UMKM sedang membutuhkan orang maka mereka bisa men share informasi lowongan kerja UMKM dalam komunitas tersebut.

 

Gimana? Sekarang Udah Tau kan Pentingnya Komunitas 

Tentunya beberapa alasan diatas merupakan salah satu hal yang akan kamu dapatkan jika bergabung dalam sebuah komunitas, namun dalam komunitas ada berbagai hal lain yang akan kamu dapatkan dan akan sangat membantu kamu baik itu dalam mengembangkan bisnis atau pekerjaan.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan berbagai benefit lain dari komunitas, kamu bisa gabung dengan Komunitas TopKarir melalui Discord. Disini kamu akan mendapatkan berbagai informasi menarik seputar TipsKarir, dunia kerja, pengembangan karir, pelatihan, serta lowongan pekerjaan terbaru.

Jadi tunggu apalagi? Yuk segera gabung bersama kami di TopKarir Community.

Komentar