KANDIDAT PERUSAHAAN

4 Tips Pertahankan Karir di Tengah Ancaman Resesi

12 Oktober 2022 16:10 4127 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

 

Ancaman Resesi saat ini menjadi salah satu ancaman yang paling ditakuti bagi para pekerja, terutama dampak pemulihan ekonomi global saat ini masih menyisakan ketidakpastian bahkan sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi yang awalnya bisnisnya tetap lancar akan tetapi sejak masa pandemi bisnis pada perusahaan-perusahaan tersebut mulai mengalami penurunan.

 

Bahkan tidak sedikit dari beberapa perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi telah banyak melakukan PHK besar-besaran kepada para karyawannya, contohnya seperti yang sudah dialami oleh beberapa karyawan shopee belakangan ini yang mengalami PHK.

 

Hal tersebut tidak terlepas dari efek pandemi dan juga ancaman resesi, lalu apa itu resesi? Bagi kamu yang ingin mengetahui resepsi kamu bisa menyimaknya pada pembahasan berikut ini.

 

Apa Itu Resesi?

Resesi adalah kondisi ekonomi negara yang memburuk karena penurunan produk domestik serta meningkatkan pengangguran dan pertumbuhan ekonomi bernilai negatif, resesi ini merupakan salah satu periode ekonomi akibat merosotnya aktivitas ekonomi dan industri yang terjadi dalam jangka waktu 2 kuartal.

 

Resesi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal contohnya seperti ada pengetatan moneter oleh banyak Bank sentral, lalu contoh lain adalah ada imbas dari perang antara Rusia dan Ukraina. Untuk bisa mempertahankan karir kamu di tengah berbagai ancaman resesi ini kamu bisa menyimak beberapa tips berikut agar karirmu tetap terjaga meskipun kita akan menghadapi resesi kedepannya.

 

4 Tips Pertahankan Karir di Tengah Ancaman Resesi

Ketika dihadapkan dalam ancaman resesi tentunya kita harus bisa mempertahankan karir agar kondisi keuangan dan juga karir kita tetap terjaga pada masa-masa sulit tersebut, Adapun untuk tips mempertahankannya kamu bisa menyimaknya berikut ini.

 

Cari Berbagai Sumber Pendapatan

Resesi ekonomi tentu saja akan mengakibatkan perekonomian menurun dan ada berbagai jenis barang yang sulit ditemukan dan memiliki harga yang tinggi dari biasanya, untuk mengatasi hal tersebut tentunya kita harus mencari berbagai sumber pendapatan lain untuk menambah pendapatan kita selama berkarir di kantor.

 

Dengan mencari berbagai sumber pendapatan lain tentu saja hal ini akan membantu serta menambah pemasukan kita setiap bulannya, karena ketika kita hanya mengandalkan pemasukan bulanan saat kita bekerja di kantor tentunya hal ini akan cukup sulit untuk bertahan di tengah ancaman resesi.

 

Ikut Serta Dalam Gig Economy

Tips berikutnya untuk mempertahankan karir di tengah ancaman resesi adalah dengan cara ikut serta dalam kegiatan ekonomi, Gig Ekonomi adalah suatu sistem pasar tenaga kerja bebas yang mana perusahaan akan mengontrak karyawan independen untuk bekerja dalam jangka waktu yang lebih singkat.

 

Meskipun kita memiliki pekerjaan tetap di kantor akan tetapi saat adanya ancaman resesi Dunia tentunya Kita juga harus ikut serta dalam kegiatan ekonomi dan mencari pekerjaan yang lebih fleksibel contohnya seperti bekerja freelance untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

 

Dengan ikut serta dalam gig ekonomi kita akan mendapatkan berbagai permintaan untuk bekerja lebih gesit dan mendapatkan kesempatan sempurna untuk melepaskan diri dari perbudakan perusahaan, Selain itu dengan ikut serta dalam kegiatan ekonomi hal ini juga akan meningkatkan potensi penghasilan tanpa berhenti ataupun keluar dari perusahaan sebelumnya.

 

Peka Terhadap Kondisi Perusahaan

Berikutnya adalah kamu harus peka terhadap kondisi perusahaan, dengan adanya ancaman resesi secara global di beberapa tahun mendatang tentunya saat bekerja kamu juga harus mengetahui kondisi dari perusahaan, dengan mengetahui kondisi perusahaan tentunya kita akan lebih berhati-hati dan memiliki kesiapan untuk menghadapi masa-masa sulit resesi saat bekerja di perusahaan tersebut.

 

Tidak hanya itu saat ini ada berbagai perusahaan yang banyak mengambil tindakan untuk pencegahan resesi dengan mengambil langkah PHK karyawan secara massal contohnya seperti yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu oleh perusahaan shopee. Kamu sebagai karyawan harus bisa memastikan perusahaan tetap berjalan dengan baik dan peka terhadap kondisi perusahaan agar dalam mempertimbangkan segala bentuk bisnis model yang dijalani perusahaan akan tetap berkembang di tengah ancaman resesi.

 

Tingkatkan Skill Sesuai Perkembangan Zaman

Tips pertahankan karir di tengah ancaman resesi berikutnya adalah dengan cara meningkatkan skill dan kemampuan Sesuai dengan perkembangan zaman, dengan adanya ancaman resesi tentunya masa tersebut akan menjadi masa yang paling menantang bagi kamu maka dari itu dengan memiliki berbagai skill yang dibutuhkan di zaman sekarang maka hal ini bisa lebih membantu kamu nantinya.

 

Sebagai pegawai di salah satu perusahaan pastikan kamu harus bisa berbicara dengan sumber daya manusia ataupun pemimpin dari tim perusahaan tersebut, untuk mencari tahu Bagaimana menjadi sebuah aset yang berharga bagi perusahaan dan meminta saran skill atau Kemampuan apa yang harus ditingkatkan.

 

Itu tadi pembahasan mengenai empati pertahankan kali di tengah ancaman resesi, untuk bisa bertahan di tengah ancaman resesi tentunya kita harus bisa menerapkan beberapa poin di atas. Karena seperti yang kita ketahui bahwa penyebab dari resesi ini ada berbagai sebab mulai dari imbas perang sampai dengan pengetatan moneter yang dilakukan oleh bank sentral dan bahkan inflasi yang tinggi.

 

Untuk bisa mempersiapkan ancaman resesi tersebut tentunya kita harus memiliki pekerjaan yang menjanjikan agar bisa bertahan dan melewati masa-masa sulit resesi jika nantinya terjadi, maka dari itu bagi kamu yang ingin mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan kamu bisa mengunjungi TopKarir.

 

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan yang bisa kamu simak hanya di TipsKarir.

Komentar