Pencari Karir Pencari Kandidat

4 Tips Kerja Cerdas untuk Meningkatkan Karir Kamu

25 Agustus 2022 14:08 4768 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Dalam melakukan pekerjaan tentunya kamu sudah sering mendengar istilah kerja cerdas, biasanya istilah ini sering didengar ketika kita sedang bekerja baik itu di perusahaan atau pun bekerja secara remote di rumah. 

 

Namun Apakah kamu tahu apa yang disebut dengan kerja cerdas? Untuk pengertiannya sendiri kerja cerdas adalah bisa dibilang satu tingkatan yang lebih tinggi daripada kerja keras, yang mana kerja cerdas ini tidak hanya mengandalkan fisik saja melainkan juga peran otak dalam berpikir untuk mengambil suatu tindakan dan juga aktivitas akan digunakan secara lebih efisien dan efektif.

 

Untuk perbedaannya sendiri dengan kerja keras tentunya ada sedikit perbedaan yaitu jika kerja keras adalah upaya semaksimal mungkin untuk bisa meraih hasil yang baik dan maksimal seperti yang ditargetkan, sedangkan untuk kerja cerdas merupakan kegiatan kerja yang berfokus pada hal-hal yang paling penting atau signifikan. 

 

Bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja tips untuk bisa melakukan kerja cerdas dan meningkatkan karir kamu dalam bekerja, kamu bisa menyimak pembahasan kali ini mengenai tips kerja cerdas di bawah.

 

4 Tips Kerja Cerdas untuk Meningkatkan Karir Kamu

Buat Daftar Prioritas Pekerjaan

Tips kerja cerdas yang pertama adalah kamu bisa membuat daftar prioritas pekerjaannya akan diselesaikan,  contoh kerja cerdas nya seperti membuat to do list ataupun membuat catatan agar skala prioritas dalam mengerjakan pekerjaan lebih jelas, Kamu bisa mengurutkan skala prioritas ini dari pekerjaan yang berat sampai yang ringan. Dengan cara ini maka tentu saja akan memudahkan kamu dalam bekerja serta bisa meningkatkan produktivitas kamu dalam menyelesaikan pekerjaannya.

 

Fokus Pada Hasil Akhir Pekerjaan

Berikutnya adalah kamu bisa fokus pada hasil akhir pekerjaan, saat orang mendapatkan tugas ataupun pekerjaan, biasanya banyak orang yang fokus untuk menyelesaikan tugas itu dalam waktu yang cepat dan tidak memperdulikan hasilnya seperti apa, 

 

Namun bila kamu ingin menerapkan kerja cerdas dalam pekerjaan kamu maka kamu bisa menyelesaikan pekerjaan ataupun tugas yang diberikan dengan tidak terburu-buru dan memfokuskan pada kualitas hasil akhir pekerjaannya yang baik. Ketika hasil dari pekerjaan kita memiliki kualitas yang baik tentu saja hal ini bisa meningkatkan karir kamu dalam bekerja.

 

Kuasai Skill Komunikasi

Tips kerja cerdas berikutnya agar karirmu bisa meningkat adalah dengan menguasai skill komunikasi, dalam konsep kerja cerdas tentunya keterampilan berkomunikasi ini sangatlah penting, Jika kamu ingin sukses dalam berkarir tentunya kamu harus bisa meningkatkan keterampilan komunikasi ini.

 

Saat kemampuan komunikasi meningkat tentunya kamu akan mudah berhubungan dengan orang lain yang nantinya akan mempengaruhi perkembangan karir kamu, kamu bisa melatih skill komunikasi ini dengan sering berkoordinasi Baik itu dengan rekan kerja ataupun dengan atasan.

 

Manfaatkan Teknologi/Software

Seperti yang kita tahu bahwa kerja cerdas bukan kerja keras , jadi ketika kamu bekerja kamu bisa memanfaatkan teknologi ataupun software yang bisa mendukung pekerjaan kamu.

 

Misalnya ketika kamu menjadi seorang social media spesialis dan akan melakukan pekerjaan mengupload konten ke berbagai sosial media yang berbeda di sini kamu tidak perlu melakukannya satu-satu karena saat ini sudah banyak sekali teknologi ataupun software yang memungkinkan kamu bisa mengupload konten sekaligus dari berbagai sosial media. Contohnya seperti menggunakan aplikasi Buffer atau Business suite.

 

Nah itu tadi beberapa tips kerja cerdas untuk meningkatkan karir kamu, dengan menerapkan beberapa tips di atas pada pekerjaan tentunya hal ini akan bisa meningkatkan karir kamu karena hasil dari pekerjaan kita akan selesai dengan lebih efisien dan selesai dengan waktu yang efektif.

 

Bagi kamu yang ingin mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan serta informasi menarik lainnya mengenai karir, kamu bisa mengunjungi TipsKarir.

Komentar