KANDIDAT PERUSAHAAN

35 Istilah Dalam Dunia Kerja Yang Wajib Diketahui Karyawan Baru

31 Oktober 2022 15:10 112498 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 6 KALI DIBAGIKAN

 

Saat menjadi seorang karyawan baru dan mendapatkan pekerjaan di lingkungan yang baru, tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu istilah dalam dunia kerja yang sering digunakan oleh rekan kerja maupun karyawan lainnya.

 

Istilah di dunia kerja biasanya akan bermacam-macam tergantung dari situasi serta kebutuhan dalam menunjang pekerjaan dan komunikasi di kantor, dan mungkin Secara tidak kamu sadari kamu juga pernah menggunakan beberapa istilah ini dalam dunia kerja.

 

Jika kamu merasa belum mengetahui apa saja istilah yang sering dipakai dalam dunia kerja kamu bisa menyimak pembahasan kali ini, karena disini kami akan memberikan beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia kerja dan bisa kamu implementasikan saat bekerja di kantor.

 

Apa saja istilahnya? Mari simak pembahasan lebih lengkapnya hingga akhir.

 

35 Istilah Dalam Dunia Kerja Yang Wajib Diketahui Karyawan Baru

Istilah dunia kerja biasanya ada bermacam-macam mulai dari yang berbahasa Inggris hingga istilah dunia kerja yang merupakan sebuah singkatan dari kata, dengan mengetahui beberapa istilah dalam dunia kerja yang sering dipakai ini tentunya akan membantu kamu dalam bekerja dan komunikasi sesama rekan kerja. 

 

Berikut adalah istilah dalam dunia kerja yang wajib diketahui oleh karyawan baru.

 

Istilah Dalam Dunia Kerja Singkatan 

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa istilah dalam dunia kerja ada yang dibuat dari singkatan beberapa kata, kamu harus mengetahui apa arti dari singkatan kata ini agar ketika berkomunikasi bersama rekan kerja kamu tidak bingung. Untuk istilah dalam dunia kerja singkatan beberapa istilahnya yaitu sebagai berikut.

 

PFA

Istilah dalam dunia kerja yang pertama adalah PFA atau singkatan dari Please Find Attach, istilah ini biasanya sering digunakan ketika mengirim email kepada orang lain.

 

Supaya kayak orang tersebut mengetahui ketika kamu mengirimkan email menyertakan lampiran kamu bisa menuliskan istilah ini dalam body email yang kamu tulis.

 

WFH

Istilah WFH merupakan salah satu istilah yang baru-baru ini sering terdengar dalam dunia kerja terutama ketika dunia sedang dilanda masa pandemi covid-19.

 

WFH merupakan singkatan dari Work From Home atau bisa juga diartikan dalam bahasa Indonesia yang berarti bekerja dari rumah, pada masa pandemi seperti sekarang ada banyak perusahaan yang sudah mulai menetapkan Peraturan WFH ini bagi karyawannya. Hal ini agar karyawan tidak tertular virus covid-19.

 

WFO 

Setelah sebelumnya WFH, maka kebalikan dari istilah tadi yaitu WFO atau Work From Office. Istilah ini berarti kerja dari kantor yang mana karyawan diharuskan untuk pergi bekerja seperti biasa ke tempat kerja atau ke kantor dan tidak bekerja dari rumah.

 

Meskipun saat ini beberapa kantor sudah menerapkan kerja di rumah akan tetapi tidak sedikit perusahaan yang masih menerapkan WFO untuk karyawan mereka.

 

OT

Istilah dalam dunia kerja berikutnya adalah OT atau overtime, istilah ini merupakan istilah yang berarti sebagai lembur. Meskipun untuk istilah ini ada beberapa kata lain juga yang bisa mengartikan yang akan tetapi baru-baru ini istilah ini cukup populer digunakan dalam dunia kerja.

 

MoM

MoM merupakan singkatan dari Minutes of Meeting yang berarti merujuk kepada hal yang dibicarakan dalam suatu rapat, biasanya istilah ini merupakan istilah untuk menggambarkan hal yang harus ditulis ataupun hal penting apa saja yang harus ditulis pada saat rapat berlangsung.

 

FYI

Istilah ini sebenarnya tidak hanya dipakai dalam dunia kerja saja akan tetapi sering juga digunakan oleh masyarakat secara umum, Adapun untuk kepanjangan dari istilah ini yaitu For Your Information dan biasanya digunakan untuk memberi sebuah informasi kepada orang lain.

 

TBC

Berikutnya adalah TBC atau kepanjangannya yaitu To be Confirmed. Istilah ini merupakan sebuah istilah yang sering digunakan dalam dunia kerja untuk menjelaskan kepada orang lain bahwa sesuatu masih akan dikonfirmasi lebih lanjut.

 

Atau dengan kata lain informasi yang diberikan masih tentatif dan bersifat belum final sehingga harus masih menunggu konfirmasi berikutnya.

 

SOP

Istilah yang sering dipakai dalam dunia kerja dan wajib diketahui oleh karyawan baru berikutnya adalah SOP atau kepanjangannya adalah Standard Operational Procedures ya itu berarti sebuah cara ataupun prosedur kerja yang tertulis dan harus diikuti oleh semua karyawan.

 

Biasanya ketika kamu baru bekerja ataupun baru masuk pada lingkungan baru perusahaan kamu harus mempelajari terlebih dahulu mengenai SOP ini.

 

HQ & HO

HQ adalah singkatan dari headquarter dan untuk HO merupakan singkatan dari head office, kedua istilah ini merupakan istilah dalam dunia kerja yang sama-sama merujuk kepada kantor pusat dari suatu perusahaan.

 

HC

HC merupakan singkatan dari headcount yaitu istilah yang merujuk kepada jumlah staf dari perusahaan secara keseluruhan, biasanya Kamu mungkin sering mendengar istilah ini ketika perusahaan tempat kamu bekerja sedang melakukan suatu acara atau event.

 

TCD 

Istilah dalam dunia kerja berikutnya adalah TCD atau singkatan dari Target Completion Date, istilah ini merujuk kepada batas waktu dari seorang pekerja atau karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas. Istilah ini sering juga disebut sebagai deadline.

 

FYA

FYA merupakan istilah yang biasanya digunakan untuk menginstruksikan sesuatu kepada rekan kerja, Adapun untuk kepanjangan dari FYA sendiri yaitu For Your Action.

 

FYNA

Istilah berikutnya adalah FYNA yaitu singkatan dari For Your Next Action, biasanya istilah ini sering digunakan dalam waktu yang kerja Jika kamu akan memberikan instruksi kepada orang lain tentang tindakan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

 

TBD

TBD merupakan singkatan dari To be Discussed atau istilah yang sering dipakai atau digunakan ketika kamu akan berkirim email dengan rekan kerja, biasanya istilah ini berarti hal yang ada di dalam email tersebut dan harus didiskusikan kembali untuk kelanjutannya.

 

KPI

KPI atau Key Performance Indicators merupakan istilah yang sering digunakan dalam dunia kerja yang berarti pekerjaan yang telah ditetapkan pada awal tahun dan wajib dicapai oleh seorang karyawan.

 

KPI sendiri merupakan sesuatu yang berguna bagi atasan agar bisa menilai seperti apa kinerja dari para karyawan dalam bekerja, tidak hanya itu hal ini juga menjadi salah satu indikator untuk mendukung kenaikan jabatan.

 

ASAP

Istilah dalam dunia kerja berikutnya adalah ASAP yaitu merupakan singkatan dari As Soon As Possible, istilah ini biasanya digunakan dalam dunia kerja ketika di lain pekerjaan semakin mepet atau seseorang membutuhkan balasan segera mungkin dari rekan kerja.

 

Istilah Dalam Dunia Kerja Ketika Mengirim Email

Dalam dunia kerja ada juga beberapa istilah yang sering dipakai ketika kamu akan mengirim email baik itu ke perusahaan ataupun gerakan kerja, Adapun untuk beberapa istilah yang sering dipakai dalam dunia kerja ketika menerima email yaitu sebagai berikut:

 

To

Istilah ini merupakan istilah dasar yang wajib kamu ketahui dan sangat berguna ketika kamu akan mengirim email perusahaan, To bisa kamu temukan dalam email dan biasanya diisi dengan alamat email orang yang kita.

 

Cc

Istilah Cc adalah istilah yang sering dipakai dalam dunia kerja yang berguna untuk menunjukkan bahwa orang yang kamu sebutkan di kolom tersebut harus tahu mengenai hal yang terjadi.

 

Namun biasanya kamu tidak perlu mengharapkan orang tersebut akan memberikan tanggapan mengenai email yang sudah kamu kirim.

 

Bcc

Istilah ini biasanya berfungsi ketika kamu akan mengirim email kepada orang lain namun tidak ingin diketahui mengenai siapa saja yang kamu kirimkan email tersebut, biasanya orang akan mendapatkan email Bcc tidak akan mengetahui siapa saja yang mendapatkan email yang sama.

 

Istilah Dalam Dunia Kerja Bahasa Inggris 

Selain beberapa istilah dalam dunia kerja yang berupa singkatan dari kata ada juga beberapa istilah dunia kerja dalam bahasa inggris, dan beberapa istilah ini wajib kamu ketahui ketika kamu baru bekerja dan masuk lingkungan baru di kantor. Untuk beberapa istilahnya yaitu:

 

Cut Off

Istilah ini biasanya digunakan oleh karyawan pada bagian keuangan atau finance, arti dari istilah ini merujuk kepada tanggal di mana pegawai tidak bisa lagi melakukan input data keuangan yang harus dibayar oleh bagian finance.

 

Turnover

Turnover merupakan istilah dalam dunia kerja yang biasanya digunakan untuk menyebutkan dinamika pegawai dalam mengerjakan tugasnya, biasanya jumlah pegawai yang keluar dan masuk dalam suatu perusahaan kemudian disebut dengan jumlah Turnover.

 

Contract of Employment 

Istilah ini berarti kontrak kerja yang biasanya akan didapatkan ketika kamu sudah diterima dan menjadi karyawan dalam suatu perusahaan, biasanya dalam kontrak kerja ini akan berisikan beberapa peraturan serta hal penting lain yang akan berkaitan dengan persetujuan kerja.

 

Jobsharing

Istilah ini merujuk pada sebuah jenis pekerjaan yang sedang dikerjakan oleh dua orang dalam waktu yang bersamaan, atau dengan kata lain arti dari istilah ini adalah pekerjaan yang fleksibel di mana dua orang bisa berbagi posisi kerja yang sama.

 

Employee 

Employee merupakan sebuah istilah dalam dunia kerja yang bisa diartikan sebagai pegawai atau karyawan, istilah ini sendiri merupakan orang yang bekerja untuk orang lain atau perusahaan dengan imbalan berupa bayaran.

 

Duty of Care

Istilah dalam dunia kerja ini merujuk kepada kondisi dimana atasan kamu berkewajiban menyediakan tempat kerja yang aman bagi kamu, atau bisa juga diartikan sebagai para pegawai yang tidak boleh bekerja dalam kondisi yang tidak aman atau tidak sehat.

 

Probationary Period

Istilah ini sering digunakan dalam dunia kerja yang mana berarti masa percobaan, masa percobaan ini merupakan periode tertentu di awal pekerjaan untuk melihat apakah seorang karyawan cocok dalam pekerjaan yang diberikan atau tidak. Biasanya sebelum kamu diterima menjadi seorang karyawan baru kamu akan mengalami masa ini terlebih dahulu.

 

Wages

Wages atau dalam bahasa Indonesia berarti upah merupakan sejumlah uang yang dibayarkan oleh perusahaan untuk pekerjaan yang sudah kamu selesaikan, istilah ini sering disebut juga sebagai bayaran atau gaji.

 

Biasanya ada beberapa tunjangan lain yang juga akan dimasukkan untuk menggantikan gaji seseorang contohnya seperti tempat tinggal, dan untuk besaran gaji serta bayaran lainnya biasanya sudah diatur oleh HRD dalam kontrak kerja.

 

Zero-Hours Contract

Istilah ini dalam Bahasa Indonesia berarti kontrak tanpa jam kerja yang mana merujuk pada jenis kontrak kerja yang menyediakan pekerjaan dengan jumlah jam tertentu dan dibayar untuk sebagian dari jam tersebut.

 

Career Break

Istilah ini berarti periode di mana pegawai tidak dibayar karena tidak bekerja untuk alasan tertentu, contohnya seperti ada urusan keluarga, pendidikan atau hal lain yang telah disetujui oleh atasan.

 

Force Majeure Leave

Dalam bahasa Indonesia arti dari istilah ini adalah cuti kerja untuk karyawan karena alasan yang mendesak, contohnya karena sakit ataupun ada masalah lain.

 

Holiday

Istilah ini merupakan istilah yang sering digunakan dalam dunia kerja yang berarti periode waktu di mana seorang pegawai libur untuk beristirahat namun tetap dibayar.

 

Adapun untuk waktu dalam periode tersebut biasanya seperti cuti tahunan ataupun hari libur nasional.

 

Leave

Leave merupakan istilah untuk menyebutkan cuti atau izin tidak masuk kerja, dalam undang-undang ketenagakerjaan juga sudah diatur mengenai berbagai macam cuti contohnya seperti cuti tahunan hingga cuti melahirkan.

 

Maternity Leave

Dalam bahasa Indonesia istilah ini berarti cuti melahirkan atau cuti kehamilan, biasanya digunakan kepada para pekerja perempuan yang sedang hamil dan akan melahirkan atau baru saja melahirkan dalam periode masa kerja.

 

Block Leave/Annual Leave

Istilah dalam dunia kerja yang wajib karyawan baru ketahui yang terakhir adalah Block Leave atau dalam bahasa Indonesia berarti cuti kerja, istilah ini merujuk kepada cuti kerja yang harus diambil oleh para pegawai dalam satu tahun. Biasanya para pegawai atau karyawan diharuskan mengambil cuti selama 5 hari.

 

Sekarang Tau Kan Apa Saja Istilah Dalam Dunia Kerja?

Nah itu tadi berapa istilah dalam dunia kerja yang wajib diketahui oleh karyawan baru, kamu bisa menghafal beberapa istilah yang sudah kami bahas di atas tadi agar saat kamu di kantor kamu bisa lebih leluasa dalam mengobrol dan berkomunikasi dengan karyawan lain seputar pekerjaan.

 

Jika kamu memiliki istilah dalam dunia kerja yang belum disebutkan di atas kamu bisa mengomennya di bawah!

 

Bagi kamu yang belum memiliki pekerjaan kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru melalui TopKarir, dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar pengembangan karir dan pekerjaan hanya di TipsKarir.

Komentar